1479733985443

Publish by : Firanty Maulidani

Kelompok 1 : APEC

ASEAN 1967- APEC

Tujuan Organisasi Asean

Sebagai organisasi asean mempunyai tujuan berikut adalah tujuan berdasarkan deklarasi Bangkok :

  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan social dan perkembangan kebudayaan di asia tenggara
  2. Memajukan stabilitas (kemantapan) dan perdamaian regional Asia Tenggara

Tujuan APEC

  1. Menjadi tempat usaha Negara maju untuk membantu Negara yang sedang berkembang
  2. Meningkatkan perdagangan dan investasi antar anggota
  3. Menjalankan kebijakan ekonomi secara sehat dengan tingkat inflasi rendah

Apec bekerjasama dengan Negara-negara dalam bidang perekonomian dan perdagangan beberapa kerjasama yang dibangung adalah

  1. Disepaktinya Bogor Goals yang memuat kerangka waktu liberalisasi penuh pada tahun 2010 untuk ekonomi maju dan 2020 untuk ekonomi berkembang
  2. Pada tahun 1998 dari Kuala Lumpur Malaysia APEC menyetujui 9 sektor EVSL dan mendorong persetujuan atas EVSL dari non-apec members pada tingkat world trade organization
  3. Pada tahun 2003 di Bangkok, Thailand pertemuan sepakat untuk mendorong negoisasi WTO Doha Development Agenda (WTO DDA) dan melihat bahwa free trade agreements, regional trade agreements, bogor goals dan sistem perdagangan multilateral dibawah skema WTO yang pada prinsipnya saling komplementer.

Selain dalam Tranding Patnerships Asean Apec juga menjalin kerjasama kemanusiaan, contohnya ialah Pemberian Hibah kepada Asean pada tahun 2005, akibat Tsunami yang menjelang Asia Tenggara pada Desember 2004. Selain itu Amerika Serikat yang anggota Apec, melalui USAID memberikan banyak bantuan dana dan infrastruktur kepada Negara-negara Asia Tenggara.

Pertanyaan:

  1. Kerjasama di Apec membawa nama ASEAN apa membawa nama Negara-negara sendiri ?( Fitri Wahyuningsih )

Jawaban: Kerjasama yang terjadi di Apec itu membawa nama ASEAN dan tidak membawa nama-nama Negara Sendiri ( Panti rahayu)

  1. Bagaimana Peran Asean dan Apec dalam kasus Rohinginya dalam perspektif kemanusiaan? ( Randa Nur Pratama)

Jawaban: Asean dan Apec Tidak terlalu ikut campur dan tidak ada Kerjasama dengan kasus pengungsi Rohinginya, Asean dan Apec lebih ke Ekonomi sedangkan Rohinginya lebih ke kasus HAM ( Rivaldi)

  1. Bagaimana kerjasama dari segi Algiculture dilihat dari perkembangannya ke Indonesia, lalu kenapa Indonesia yang kaya akan sumber daya masih ada campur tangan asing dalam pengelolaannya? ( Fauzi Handoyo)

Jawaban: karena Indonesia belum bisa menerapkan dari sistem hulu ke hilir, jadi Indonesia Cuma sebagai pemasok atau pembuat bahan mentah namun tidak bisa mengolah dari bahan mentah ke bahan jadi ( Asih Dwi Lestari)

  1. Apakah Manfaat yang diperoleh untuk indonesia dari kerjasama Asean dan Apec ( Jurmin)

Jawaban: meningkatkan perdagangan dan investasi dikawasan Asia Pasifik, meningkatkan daya saing dari usaha kecil dan menengah, mendorong pemerataan ekonomi APEC antar anggota,Mendukung Anti Korupsi dan Transparasi, Mendorong Komunikasi Lintas Budaya ( Nur Rahmat )

Kelompok 2 : AFTA

AFTA : Perjanjian yang dibentuk di pertemuan KTT ke 4 di singapura untuk menarik investasi asing, memperkuat perdagangan internasional.

ARF (Asean Regional Forum): dibentuk pada tanggal 25 juli 1954, sebagai wadah untuk konsultasi tentang keamanan dan pertahanan.

APT  (Asean Plus Three) kerjasama antara 10 anggota asean. Sejak tahun 1997, ketika KTT pertama di Kuala Lumpur Desember 1997, berawal dari krisis keuangan regional , kawasan asia dilanda krisis ekonomi 10 tahun 1997-2007. Mencangkup :

Perdagangan, investasi, keuanganan dan perbankan, transfer teknologi, teknologi telematika, pertanian, pariwisata, jenjang dunia usaha dan Iptek.

Program Kerja yang sudah dibentuk adalah EAVG ( East Asean Vision Grup ) merekomendasikan membentuk AFTA dan EAST.

Tujuan EAST adalah forum dialog tentang isu-isu strategis politik dan ekonomi yang luas dan kepentingan bersama dan perhatian dengan tujuan memprosikan perdamaian stabilitas dan kemakmuran ekonomi di Asia Timur. Upaya East untuk mempromosikan pembangunan komunitas di wilayah akan konsisten dengan memperkuat realisasi komunitas ASEAN.

Pertanyaan:

  1. Apakah hambatan Indonesia dalam menghadapi AFTA? ( Asih Dwi Lestari )

Jawaban: AFTA itu udah dibentuk sedemikian rupa dan udah diminimalisir dan belum ada hambatannya. ( Qintamani Istiqhfarin Qadr )

Kelompok 3 : Asean Community

Asean  Economy Community

 Single Market dan Product Base, pajaknya di nol kan terhadap negara-negara asean dan mengurangi hambatan, free flow investment, bagaimana asean bisa mencapai kompititif economy region. Seperti membangun ekonomi tiap-tiap Negara, pertukaran informasi seperti panama pajak dan mengintegrasi ekonomi asean ke ekonomi global.

Asean Political Security

Keterbukaan keamanan terhadap Negara-negara Asean karena adanya kesamaan norma dan kawasan yang dinamis

Social Cultural Community

Bali conford, ASCC ini ikut memperkuat Asian vision 2020

Pertanyaan:

  1. AEC sebagai Integrasi, apakah Asean menerapkan proteksi terhadap pihak luar.

Jawaban: memiliki blue print standar operasional untuk memproteksi konsumen dan juga investasi dan juga investasi itu sudah ada dalam peraturan blue print.

Kelompok 4: Asean Vision

Asean Vision 2020 merupakan visi dari terbentuknya komunitas regional asean. Asean Vision 2020 dibuat bersamaan dengan disepakatinya naskah piagam asean tahun 2007 di singapura dengan ditandatanganni oleh semua kepala pemerintahan Negara-Negara Anggota. Asean Vision 2020 juga merupakan salah satu pilar dari 3 pilar ( blue print) Asean yaitu Asean Economy Community ( Mid Point menuju Asean vision 2020 yang dipercepat menjadi 2015 )

Pertanyaan:

  1. Asean Vision 2015 dalam bidang economy, apakah visi misi selama 2 tahun ini sudah tercapai?( Armin Beni Pasapan)

Jawab: Dengan adanya Asean Vision sebenarnya tahun 2020, namun langkahnya di percepat ditahun 2015 dengan adanya Asean Economy Community. Pencapaian dari 2015 masih dalam proses dan implementasinya sudah kelihatan dalam kebijakan-kebijakan.( Sri Mulyani)

  1. Asean Pesimis dalam membentuk common market, menurut kelompok 4 apakah bisa common market bisa diterapkan di Asean? ( Rivaldi)

Jawab: bisa diterakan, namun agak susah. Dilihat dari segi sejarahnya aja sudah beda, dan paling bisa kelihatan secara mata uang kita sangat jauh. Jadi menurut kelompok 4 masih lama progresnya ( Fitri Wahyuningsih )

Sesi Sharing 

1479734029916

1479733965864

1479732114925

Advertisements