Tags

,

Nama          : Dini Hariyati

Nim             : 1402045031

Hubungan Internasional A

Pemikiran Politik Islam

Klasifikasi  Pemikiran Islam Pribadi

Terdapat lima klasifikasi pemikiran islam yaitu tradisionalis, revivalis, modernis dan neo-revivalis serta neo-modernis. Sebelum menjelaskan di tipe pemikiran yang manakah saya sebagai seorang mahasiswa, terlebih dahulu saya akan menjelaskan secara singkat ke lima pemikiran diatas.

Tradisionalis adalah tipe pemikiran yang sifatnya tertutup atau tidak menerma pemikiran, pendapat, atau saran yang di luar konteks Al-Quran dan Sunnah. Islam tradisionalis menganggap semua hal yang ada hubungannya dengan agama sebagai ajaran yang harus dipertahankan, dan karenanya penting untuk mengikuti aturannya secara taat berdasarkan kitab suci dan Sunnah. Cara pemahaman Al-Quran pun snagat tektualis yang artinya tanpa melihat latar belakang serta situasi social dalam menerapkan hukum-hukum Al-Quran. Hal ini berakibat pada terbatasnyajangkauan pemakaian ayat-ayat Al-Quran sebagai aturan/hukum pada kasus tertentu.

Selanjutnya adalah revivalis adalah tipe pemikiran yang berfokus pada krhidupan social dan umat islam. Sifatya anti koosep barat serta anti terhadap praktik tahayul. Tipe pemikiran ini lebih menegdepankan ijtihad  dan penelaran

Lalu modernis menewarkan konsep pemabaharuan islam, kelompok pemikir ini cukup fleksibel dengan ide darimanapun selama masih sejalan dengan pemikiran islam yang artinya tidak ada pertentangan di dalamnya

Yang ke empat adalah neo-revivalis, merupakan tipe pemikiran ynagh menolak ide-ide barat terutama mengenai bunga bank dan KB. Sifatnya memproklamasikan tatanan dunia baru yakni tatanan yang dipercaya  sebagai tatanan Tuhan dengan menerapkan syariat-syariat islam

Terakhir neo-modernis, merupaka tipe pemikiran yang sangat menagarah ke barat. Pemikiran ini mengkonstruksikan pemikiran islam secara radikal seperti menawarkan metode baru dalam memaknai Al-Quran sehingga memunculkan pendapat yang kontra dengan ajaran islam.

Berdasarkan lima penjelasan singkat diatas saya mengatakan bahwa saya termasuk ke dalam kelompok modernis, hal ini sederhana, karena saya berpikir ide dari manapun asalnya siapapun yang berpikir selama membawa manfaat yang besar bagi penganutnya dan tidak merusak prinsip agama adalah baik dan tidak masalah untuk diterapkan

 Contohnya adalah konsep demokrasi yang ditentang beberapa pemikir islam yang menurut pemikir-pemikir tersebut konsep ini meletakkan HAM diatas segala-galanya dan bukan Allah. Menurut saya satu alasan diatas tidak cukup untuk  menjadi alasan bagi masyarakay muslim untuk dilarang menerapkakn konsep ini karena bagi saya terdapat bebrapa nilai-nilai lain yang jika diterapkan dapat membawa kebaikan bagi masyarakat dalam prose bernegara.

Salah satu contoh sisi lain dari konsep demokrasi yang dapat diterapakan adalah diberikannya kesempatan bagi masyarakat untuk dapat memilih pemimpinnya dan mengawasi kinerja pemimpin yang telah disepakati bersama. Kedua hal ini idak sesederhana kalimat saya, kesempata yang siberikan Negara untuk masyarakat dalam menentukan pemimpinnnya sangat lah penting karena rakyat akan tahu apa visi dan misi pemimpin yang ia pilih sehingga tidak akan merasa asing terhadap kebijakan yang akan diterapkan. Hal ini akan menciptakan kemungkinan yang besar bagi masyarakat dalam mendukung pemimpinnya.

Kedua, diberikannya hak pengawasna bagi rakyat kepada pemimpin merupakan hal baik karean rakyat dapat mengingatkan pemimpinnya jika pemimpinnya mengarah ke jalan yang tidak benar. Tidak hanya sampai disana, rakyat bahkan mampu untuk menurunkan pemimpin dari jabatannya jika menurut rakyat pemiminnya sudah tidak sejalan dengan visi-dan misi sebelumnya. Hal ini tidak hanya baik bagi rakyat tetapi juga bagi pemimpn yang sedang memimpin, karena mampu menghindari hal dzalim yang disebabkan oleh adanya pengawan dari masyarakat.

Bagi saya kedua hal diatas tidak menyalahi ajaran islam  dalam sisi manapun meskipun konsep ini lahir dari pemikir barat dan layak untuk diterapkan.

Saya pun sejalan dengan konsep HAM dalam demokrasi bahwa manusia dimanapun ia berada di derajat yang sama, terlepas dari suku, agama, arna kulit, ataupun kekayaan materil. Meskipun begitu saya tetap percaya bahwa di dalam melaksanakan HAM tetap ada batasan-batasan yang sifatnya absolut dan tidak dapat dikompromikan hal ini disebabkan oleh tidak semua aturan yang Allah berikan dapat dipahami dengan nalar karena terbatasnya pengetahuan manusia.

Salah satu aturan agama yang tidak bisa dikompromikan penggunaannya adalah kewajiban menikah dengan lawan jenis. Di dalam islam menikah tentu tidak hanya didasari dengan rasa cinta tetapi juga dengan ridho Allah dan apapkah pernikahan tersebut dapat mendatangkan lebih banyak kebaikan atau keburukan. Bagi kelompok LGBT yang liberal pemikiran islam atau nilai seperti ini yang ada di masyarakat konservatif  hanya membatasi haknya sebagai manusia. Pendapat yang saya berikan ini tentu tidak untuk menlak eksistensi kelompok LGBT pada saat ini, sederhana, karena mereka tidak meyakini aturan islam yang saya yakini. Pendapat ini saya berikan sebagai penjelasan bahwa terdapat aturan-aturan yang Allah berikan yang harus diterapkan meskipun hal tersebut membatasi gerak manusia dengan tujuan membawa kebaikan

Berdasarkan dua penjelasn diatas saya rasa cukup untuk menjelaskan bahwa saya termasuk golongan pemikir modernis yang fleksibel terhadap ide-ide dari manapun selama ide-ide tersebut tidak bertentangan dengan ajaran islam.

Berkitan dengan penelitian yang saya lakukan dengan kelompok saya beberapa bulan lalu di Fakultas Kehutanan, terdapat banyak mahasiswa yang memiliki tipe pemikiran yang sama seperti saya yaitu modernis. Penelitian kami pada saat itu yaitu mengenai gerakan feminis yang sedang booming terjadi. Kami menanyakan pendapat mahasiswa di Fakultas tersebut mengenai tuntutan gerakan ini yang semakin lama semakin sulit diterima. Dan kebanyakan dari mahasiswa berpendapat bahwa kesetaraan gender itu perlu untuk meningkatkan kemampuan perempuan sebagai seorang individual bukan sebagai penyaing laki-laki. Dan saya setuju dengan mereka.

 

