Tags

, , ,

NAMA: M. ALVIN F

PRODI: HUBUNGAN INTERNASIONAL A

NIM : 1402045004

MATA KULIAH : TEORI PERBANDINGAN POLITIK

POTRET KINERJA PARLEMEN DPRD KALIMANTAN TIMUR

Pada hari Senin tanggal 21 Juni 2016 saya sebagai mahasiswa Universitas Mulawarman program studi Hubungan Internasional beserta teman-teman mengunjungi gedung DPRD Kaltim untuk menyaksikan rapat Paripurna yang juga dihadiri bapak Gubernuir Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak dan juga dihadiri Bapak Wakil Gubernur Kaltim Farod Wajdy dan tentunya Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kalimantan Timur yaitu bapak Haji Muhammad Syahrun yang juga kerap disapa dengan sebutan haji Alung itu lah yang mengundang kami untuk menghadiri rapat Paripurna ke XV DPRD Kalimantan Timur. 
Setelah menyaksikan berlangsungnya Rapat Paripurna ke-XV tersebut kami juga di undang untuk berdiskusi bersama anggota komisi 1 DPRD kaltim bapak Joseph.

Rangkaian acara Rapat Paripurna tersebut ialah :

Mulai pukul 10.00 WITA s/d selesai

  • Jawaban Gubernur atas pemandangan Umum Fraksi Fraksi DPRD provinsi Kalimantan Timur terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2015
  • Pembentukan Panitia Khusus pembahasan RAperda Pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2015
  • Pembentukan Panitia Khusus pelepasan asset Provinsi Kalimantan Timuryang ada di Provinsi Kalimantan Utara dan Instansi Vertikal.
  • Pembentu Panitia Khusus Investigasi kegiatan/korban Batubara.

Pukul 9.30 WITA saya sudah tiba di gedung DPRD Kalimantan Timur walaupun masih lebih awal 30menit namun saya sudah melihat banyak mahasiswa dengan almamater Universitas Mulawarman di Gedung DPRD Kalimantan Timur saya salut dengan kawan-kawan yang mungkin sedang  haus dan lapar dikarenakan sedang berpuasa tidak menyurutkan semangat mereka untuk melakukjan kunjungan ke gedung DPRD yang letaknya terbilang lumayan jauh dari pusat kota. Pukul 10.00 WITA kami semua dipersilahkan masuk ke Gedung D tempat berlangsungnya Rapat Paripurna saat saya berada diruang Paripurna waktu sudah menunjukan hampir jam 10.30 WITA namun masih sedikit anggota DPRD yang dating namun saya juga bangga dengan bapak Gubernur Awang Faroek Ishak yang lebih dulu dating walaupun dengan keadaan yang kurang sehat lalu disusul dengan Ketua DPRD Kaltim H.M Syahrun. Rapat pun dimulai dengan sambutan ketua DPRD kaltim H.M Syahrun dan diteruskan dengan jawaban gubernur atas pemandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD Provinsi Kalimantan Timur. Setelah selesai Rapat akhoirnya disepakati pembentuklan Panituia Khusus yang bertugas:

  • Mengadakan rapat kerja
  • Melakukan Penelitian terhadap korban tambang batubara
  • Melaporkan hasil penelitian
  • Masa kerja selama 3 bulan. Setelah masa kerja pansus dengan sendirinya membubarkan diri sesuai dengan ketentuan yang telah diterapkan\
  • Pembiyayaan dalam kegiatan Panitia Khusus dimasukkan dalam APBD Tahun Anggaran 2016

Kehadiran kami di Rapat Paripurna juga ternyata mengabulkan keinginan bapak Gubernur Awang Faroek Ishak yang sempat menyambut kami dengan sangat baik dan sempat mengatakan bahwa akhirnya cita-cita nya menghadirkan mahasiswa Unmul di rapat Paripurna telah terkabul. Setelah selesai Rapat kami pun melakukan diskusi dengan bapak Joseph selaku Anggota Komisi 1 DPRD Kalimantan Timur. Pak Joseph memberikan kami sambutan dan selanjutnya menjelaskan system kerja DPRD Provinsi Kaltim yaitu sebagai berikut :

  • Terdapat 55 Anggota Dewan yang terdiri dari 4 unsur pimpinan meliputi ketua dan 3 wakil
  • DPRD Kaltim terdiri dari 9 Fraksi meliputi Golkar, PDI-P, Gerindra, Demokrat, PKS, PAN, PKB, Hanura, dan Koalisi antara PPP dan Nasdem.

Setelah melakukan penjelasan pak Joseph pun membuka Tanya jawab ada 3 Mahasiswa yang bertanya yaitu Armin Beni Paspasan, Kurnianto dan Dhisty pertanyaan dengan latar belakang yang sangat berbeda Armin menanyakan mengenai semangat Reformasi, Kurnianto mengenai Otonomi daerah dan Dhisty mengenai maraknya NARKOBA di Samarinda. Pak Joseph pun menjawab ke3 pertanyaan tersebut secara langsung.

Advertisements