Tags

, , ,

Nama   : Lili Chermita

NIM    : 1202045136

Kelas   : HI-sore

Matakuliah      : Teori Perbandingan Politik

POTRET KINERJA PARLEMEN

Acara rapat Paripurna ke-XV DPRD Provinsi Kalimantan Timur pada hari Senin tanggal 20 Juni 2016 dihadiri sekitar 28 anggota DPRD. Acara di mulai dari pukul 10.00 WITA s.d selesai bertempat di Gedung Utama DPRD Provinsi Kalimantan Timur Jl. Teuku Umar Karang Paci Samarinda. Rapat Paripurna ke-XV yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kaltim H. Syahrundi dengan membahas :

  1. Jawaban Gubernur atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Provinsi Kalimantan Timur terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran
  2. Pembentukn Pansus Pembahas Raperda Pertanggungjawaban APBD TA. 2015.
  3. Pembentukan Pansus Pelepasan Aset Provinsi Kaltim yang ada di Provinsi Kaltara dan Instansi Vertikal.
  4. Pembentukan Pansus Investigasi Kegiatan/Korban Tambang Batu Bara.

Selama rapat Paripurna ke-XV, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyampaikan jawaban dan penjelasan Pemprov Kaltim atas

  • pemerintah akan mempertimbangkan APBD dan akan menindaklanjuti  rekomendasi selama 60 hari,
  • pemerintah sependapat dengan fraksi-fraksi untuk memanfaat kan SDA kalimantan demi perbaikan  finansial, pemerintah akan melakukan revitalisasi BUMD,
  • pemerintah mengapreasasi fraksi-fraksi yang memberikan opini pada peratutan pemerintah,
  • pertubuhan ekonomi melemah karena turunnya harga oil dan gas. Namun kaltim masih mampu menurunkan tingkat kemiskinan karena ekonomi tidak hanya bergantung pada migas dan batu bara.
  • Indikatornya angka melek huruf yang meningkat. Asumsinya masyarakat sudah banyak yang bisa mengakses pendidikan, pemerintah akan memberikan bantuan bagi murid putus sekolah.
  • kesehatan, pemerintah akan meningkatkan fasilitas kesehatan dengan akreditasi Rumah Sakit dan puskesmas. Rumah Sakit akan di tingkatkan tipenya dan managementnya akan dilakukan oleh aws.

Wakil Gubernur Kaltim menyampaikan penjelasan LKPJ Gubernur Kaltim mengatakan bahwa terkait dengan pembangunan infrastruktur pengelolaan sumber daya air di Kaltim tetap menjadi komitmen Pemprov Kaltim dalam pemenuhan kebutuhan air masyarakat, irigasi dan penanggulangan banjir. Penanggulangan banjir Kota Samarinda tetap dilaksanakan pada Sistem Samarinda Seberang, Sistem Karang Asam Besar, Sistem Karang Asam Kecil dan Sistem Karang Mumus. Sementara untuk mengantisipasi krisis air bersih Kota Balikpapan telah dibangun Waduk Tritip dan Waduk Sungai Wain.

Kemudian dengan pembangunan infrastruktur perhubungan, Wakil Gubernur Kaltim mengatakan bahwa Pemprov Kaltim optimis menyelesaikan Pembangunan Bandara Samarinda Baru (BSB) yang sesuai rencana dan beroperasi pada 2017. Saat ini untuk penyelesaian pembebasan lahan BSB telah dilaksanakan dan ditargetkan pada 2016 dapat selesai. Begitu juga dengan pembangunan Bandara Maratua di Berau yang sampai saat ini terbangun konstruksi landasan pacu (runway) dengan panjang 1.500 meter x lebar 35 meter sehingga dapat didarati pesawat jenis ATR 42. Sedangkan untuk terminal penumpangnya ditargetkan selesai pada 2016 melalui sumber pendanaan APBD Berau.

Setelah rapat selesai dilanjutkan diskusi di gedung D bersama anggota DPRD Komisi I yaitu bapak Josep, S.Pd dan ibu Hj. Siti Qomariah, SE serta anggota DPRD Komisi IV bapak Hermanto Kewot, S.P yang dalam diskusi ini membahas kinerja pemerintah kaltim selama ini.

 

Advertisements