Tags

, , ,

Nama : Jordy Ghesa Putra

Nim : 1102045229

Mata kuliah : Teori perbandingan politik

Kebijakan dan upaya pemerintah samarinda dalam menangani permasalahan yang ada di kota samarinda

 

Banjir

Hal yang pertama di sadari sebagai masyarakat kota samarinda adalah masalah banjir yang selalu datang tiap musim hujan tiba

dan lambatnya upaya pemerintah dalam menangani permasalan ini, upaya pemerintah baru terealisasi pada tahun 2014-2015 dalam kebijakan pembuatan darinase di berbagai jalan yang rawan terkena banjir dan hal tersebut terbukti dapat mengurangi banjir yang terjadi dalam 2 tahun terakhir.

 

Anak Jalanan

Masalah yang juga tidak kalah pentingnya ialah makin bertambahnya jumlah anak jalanan yang mengemis dan berjualan koran di daerah lampu-lampu merah samarinda, berikut beberapa kebijakan pemerintah samarinda dalam mengurangi jumlah anak-anak jalanan tersebut.

  1. Melakukan pelarangan dan penghapusan segala bentuk-bentuk pekerjaan terburuk untuk anak
  2. Melakukan pemberian perlindungan yang sesuai bagi pekerja anak yang melakukan pekerjaan ringan
  3. Melakukan perbaikan pendapat keluarga agar anak tidak bekerja dan menciptakan suasana tumbuh kembang anak dengan wajar;
  4. Melakukan sosilisasi program PPA kepada pejabat birokrasi.

Lingkungan

 

Kondisi lingkungan di samarinda yg semakin memburuk di akibatkan maraknya pertambangan dan pembalakan liar yang tidak di organisir secara baik juga merupakan isu yang sangat krucial dalam kota samarinda berikut beberapa kebijakan dalam penanganan isu tersebut

  1. Koordinasi dan sinkronisasi peraturan-peraturan terkait sektor pertambangan antar pemerintah dan/ atau antara pusat dan daerah.
  2. Penyempurnaan peraturan perundang-undangan dan melengkapi peraturan pelaksanannya untuk mewujudkan kepastian hukum
  3. Pembenahan lingkungan pasca tambang.

Pembersihan Sungai Karang Mumus

Baru baru ini pemerintah samarinda juga merencanakan untuk membersihkan sungai karang mumus yg sudah sangat tercemar, program pembersihan ini termasuk juga membagikan kakus ke warga-warga sekitar sungai untuk menghindari warga menggunakan jamban yang menjadi salah satu faktor tercemarnya sungai karang mumus tersebut, warga juga dihimbau untuk tidak membuang sampah di sungai yang dapat menghambat aliran sungai tersebut.

Pariwisata

Pemerintah juga melaksanakan kebijakan untuk mengelola tempat-tempat pariwisata di kota samarinda yang sebelumnya susah di jangkau dan kurangnya perawatan dari pemerintah, pengelolaan tempat pariwisata tersebut termasuk dengan, perbaikan jalan akses menuju tempat pariwisata tersebut, menyewa penjaga atau tukang untuk rutin membersihkan area tempat wisata, menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan tempat pariwisata.

Perbaikan Jalan

Banyaknya jalan raya yang rusak dan berlubang di kota samarinda juga mendapat perhatian khusus dari pemerintah samarinda yang dimana pemerintah kota samarinda melakukan perbaikan jalan besar-besaran dengan mengganti aspal di jalan yang rusak dengan adonan semen khusus untuk memperbaiki kondisi jalan yang rusak.

Advertisements