Tags

, , ,

Nama   : Joko Pemono

NIM    : 1402045051

TEORI PERBANDINGAN POLITIK

PAPER KUNJUNGAN MAHASISWA HUBUNGAN INTERNASIONAL KE DPRD PROVINSI KALTIM

“POTRET KINERJA PARLEMEN”

 

            Senin, 20 Juni kami berkesempatan untuk mengunjungi rapat paripurna ke 15 DPRD provinsi Kaltim. Rapat kali ini beragendakan :

  1. Jawaban Gubernur atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD provinsi Kalimantan Timur terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2015.
  2. Pembentukan Pansus pelepasan aset provinsi Kaltim yang ada di provinsi Kaltara dan Instansi Vertikal.
  3. Pembentukan Pansus pembahas Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2015.
  4. Pembentukan Pansus investigasi kegiatan/korban tambang batu bara.

Sebelum dimulainya rapat kami mendapat sambutan hangat dari para staf DPRD Kaltim dengan memberikan tempat duduk yang sudah disediakan sebelumnya, dan pada awal rapat kami juga mendapat sambutan selamat datang dari Gubernur dan juga Pimpinan rapat. Pimpinan rapat dalam sambutannya sangat mengapresiasi kedatangan kami dan berharap mahasiswa dapat terus hadir dalam setiap rapat paripurna DPRD provinsi Kaltim.

Rapat diawali dengan pembacaan agenda rapat yang dilakukan oleh sekretaris DPRD Kalimantan Timur dan dilanjutkan oleh Gubernur Kalimantan Timur menandai masuknya agenda rapat yang pertama. Dalam jawabannya terdapat poin-poin yang disampaikan oleh bapak Gubernur yaitu     :

  1. Pemerintah sependapat dengan fraksi-fraksi untuk memanfaatkan sumber daya alam Kalimantan Timur demi perbaikan finansial Kaltim yang memburuk.
  2. Pemerintah akan melakukan revitalisasi BUMD.
  3. Pertumbuhan ekonomi melemah karena turunnya harga minyak dan gas. Namun Kaltim masih mampu menurunkan tingkat kemiskinan karena ekonomi tidak hanya bergantung pada migas dan batu bara.
  4. Pemerintah akan memberikan bantuan bagi murid putus sekolah.
  5. Pada bidang kesehatan pemerintah akan meningkatkan fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan peningkatan akreditasi rumah sakit yang ada di Kalimantan Timur.

       Setelah selesai Gubernur memberikan jawaban, rapat dilanjutkan dengan pembentukan tiga pansus yang saat itu berlangsung dengan cukup cepat dikarenakan sudah ada nama-nama yang terpilih sebelumnya dan hanya ada penambahan satu anggota dari fraksi Nasdem. Pemilihan ketua pansus hanya dilakukan secara aklamasi tanpa melalui mekanisme voting atau pemungutan suara. Pemilihan anggota dan ketua pansus selesai, juga menandakan berakhirnya rapat paripurna ke 15 DPRD provinsi Kalimantan Timur.

       Seusai rapat kami mengambil waktu istirahat terlebih dahulu untuk sholat dan foto bersama, sebelum menuju sesi forum tanya jawab mahasiswa bersama Komisi 1 dan Komisi 4 DPRD Kaltim. Istirahat selesai, agenda kunjungan kamipun dilanjutkan ke sesi forum tanya jawab yang dilakukan di gedung E di ruang majelis ta’lim DPRD provinsi Kaltim. Forum tersebut di hadiri oleh Ibu Siti Qomariah dari perwakilan Komisi 1 dan juga beliau memberikan penjelasan singkat tentang pemagian kursi DPRD, Sistematika kerja dalam DPRD, pengenalan peran setiap komisi yang ada di DPRD Kaltim dan tak lupa beliau menjelaskan situasi ekonomi yang terjadi saat ini di Kalimantan Timur. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dilakukan hanya 3 pertanyaan dikarenakan waktu yg terbatas, tiga penanya diwakilkan oleh Armin, Kurnianto, Dan Dhisty. Armin menanyakan tentang masalah semangat reformasi, Kurnianto menanyakan tentang pemekaran wilayah berau pesisir, dan sedangkan Dhisty menanyakan hal tentang kejahatan internasional jaringan Narkoba yang mengancam Kaltim. Setalah semua pertanyaan di tanyakan dan dijawab oleh Perwakilan Komisi 1 dan  Komisi 4 juga menandakan berakhirnya agenda kunjungan mahasiswa Hubungan Internasional dengan tema “Potret Kinerja Parlemen”.

Advertisements