Tags

, , ,

NAMA           : AJI MUHAMMAD IQBAL

NIM                : 1402045015

PRODI           : HUBUNGAN INTERNASIONAL (A)

POTRET KINERJA PARLEMEN DPRD PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Senin, 20 Juni 2016 kami berkesempatan untuk mengikuti Rapat Paripurna ke 15 DPRD Provinsi Kalimantan Timur. Rapat kali ini beragendakan :

  1. Jawaban Gubernur Kalimantan Timur atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Provinsi Kalimantan Timur terhadap Raperda pertanggung jawaban APBD Tahun Anggaran 2015.
  2. Pembentukan Pansus pelepasan aset Provinsi Kalimantan Timur yang ada di Provinsi Kalimantan Utara dan Instansi Vertikal.
  3. Pembentukan Pansus pembahas Raperda pertanggung jawaban APBD Tahun Anggaran 2015.
  4. Pembentukan Pansus Investigasi kegiatan/korban tambang batu bara.

Rapat diawali dengan pembacaan agenda rapat yang dilakukan oleh sekretaris DPRD Kalimantan Timur dan dilanjutkan oleh Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, beliau menandai masuknya agenda rapat yang pertama. Dalam jawabannya terdapat poin-poin yang disampaikan oleh bapak Gubernur Kalimantan Timur yaitu :

  1. Pemerintah sependapat dengan fraksi-fraksi untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Kalimantan Timur demi perbaikan finansial Kalimantan Timur yang semakin memburuk.
  2. Pemerintah akan melakukan revitalisasi BUMD.
  3. Pertumbuhan ekonomi melemah karena turunnya harga minyak dan gas. Namun Kalimantan Timur masih mampu menurunkan tingkat kemiskinan karena ekonomi tidak hanya bergantung pada migas dan batu bara.
  4. Pemerintah akan memberikan bantuan bagi murid putus sekolah.
  5. Pada bidang kesehatan pemerintah akan meningkatkan fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan peningkatan akreditasi rumah sakit yang ada di Kalimantan Timur.

Ada 55 Anggota DPRD Kalimantan Timur

Terdapat 4 Pimpinan, 1 Ketua dan 3 Wakil Ketua fraksi Golkar 13 kursi, fraksi PDIP 10-11 kursi, Gerindra 6 kursi, Partai Demokrat, PKS 5-4 kursi, PAN, PKB, Hanura, Nasdem dan PPP.

Dapil Terbagi 6 Daerah, 1 Kota Samarinda 11 kursi, Balikpapan 7, Kabupaten Paser dan Penajam 6 Kursi, Kutai Kartanegara dan Kutai Barat 11 Kursi, Kota Bontang, Kutai Timur, Berau, Bulungan, Tarakan, Malinau dan Tana Tidung.

Karena Kalimantan Utara jadi 5 Dapil

Golkar, PDIP, Gerindra, PKS, Hanura dan PKB.

Komisi

Kaltim Cemerlang diurus oleh Komisi 4

Komisi 1 Membidangi Hukum dan Pemerintahan/Politik

Komisi 2 Membidangi Keuangan Daerah Kalimantan Timur, Aset Daerah, Perbankan, Perusahaan Daerah, Perkebunan dan Pertanian.

Komisi 3 Membidangi Infrastruktur, Penelitian dan Pengembangan Lingkungan.

Komisi 4 Membidangi Keternagakerjaan, Pendidikan, Agama, Budaya dan Olahraga.

Badan-Badan

Badan Musyawarah Banmus

Badan Pembuat Peraturan Daerah Baperda

Badan Kehormatan BK

Badan Anggaran Banggar

Pada saat kunjungan 20 Juni 2016 kemarin saya sangat bersemangat sekali, karena saya mulai sadar bahwa seharusnya kunjungan ini saya manfaatkan untuk mencari tau bagaimana cara pemerintah dalam menjalankan kebijakan-kebijakan yang telah di buat, apakah  kebijakan tersebut berjalan dengan baik atau tidak. Rapat Paripurna ke 15 DPRD Provinsi Kalimantan Timur ini kemaren berjalan dengan sangat baik. Kami para rombongan Mahasiswa disambut langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur dan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak.

 Banyak informasi ataupun pengetahuan yang saya dapatkan pada waktu itu, salah satunya bahwa anggota DPRD di Kalimantan Timur terdapat 55 orang, semua anggota DPRD wajib mentaati semua peraturan tata tertib DPRD Provinsi Kalimantan Timur, mulai dari cara berpakaian dan juga kode-kode etika ketika bekerja. Setiap pembicara mempunyai karakteristik topik pembicaraan masing-masing, ada yang membicarakan bagaimana anggota DPRD harus siap dalam menjalankan tugasnya kapanpun dan dimanapun.

Advertisements