Tags

, , ,

Nama   :           M. Fauzi Andhoyo

NIM    :           1402045036

Kelas   :           Hubungan Internasional (A)

Laporan Kunjungan ke DPRD Kaltim

            Kunjungan kami diawali dengan mengikuti rapat Paripurna di gedung DPRD yang dihadiri oleh gubernur Kaltim sendiri yang memberikan ruang bagi mahasiswa untuk ikut berpatisipasi didalam nya sebagai bentuk bagian dari partisipasi dalam pemerintahan yang lebih spesifik lebih kepada partisipasi politik legislatif yang mana  rapat tersebut memang dicanangkan pada hari itu. Beliau juga memberikan penjelasan tentang bagaiman kondisi Kalimantan Timur itu sendiri dimana sedang adanya pelemahan pemasukkkan dari beberapa sector utama.

Tema utama dalam rapat yang dihadiri ada empat :

  1. Jawaban Gubernur atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Provinsi Kalimantan Timur terhadap Raperda pertanggung jawaban anggaran tahun 2015
  2. Pembentukan Panitia Khusus  pembebas Raperda pertanggung jawaban APBD tahun anggaran 2015
  3. Pembentukan Panitia Khusus pelepasan asset provinsi Kalimantan Timur yang ada di Kalimantan Utara dan instansi vertical
  4. Pembentukan Pansus invetigasi kegiatan / korban tambang batu bara

Dalam penjelasan yang diberikan oleh bapak gubernur dan rekan-rekan nya juga menegaskan dan menjelaskan dengan beberapa kriteria yang mana menjelaskan tentang empat tema diatas. Dengan pembentukan-pembentukan pansus dapat diharapkan adanya kemajuan yang lebih signifikann dalam pengerjaan dan juga untk perkembangan kaltim, hal ini juga termasuk dengan lebih difokuskan dan ditingkatkannya pengelolaan sumber daya alam yang dimiliki, beserta dengan sumber daya manusia dengan peningkatan-peningkatan pendidikan karakter, ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada dan juga dengan adanya bantuan-bantuan seperti Kaltim cemerlang sebagai bantuan dalam bentuk beasiswa yang diadakan hampir setiap tahun nya oleh pemerintah Kaltim. Peningkatan dalam bidang kesehatan dengan peningkatan standard dan pelayanan yang diberikan lebih baik dan lebih lengkap.

Kunjungan ini merupakan sebuah wadah infomasi semacam sharing informasi seputar apa yang terjadi di pemerintahan sekarang ini yang mana menambah wawasan dalam perkembangan dan juga rencana yang di ambil pemerintah untuk kedepannya dalam rangka memajukan Kaltim kearah yang  lebih baik yang membuka jendela dan sudut pandang yang berbeda jika kita yang sebelumnya hanya membaca hal-hal serupa dari media.

Selesainya rapat paripurna, dilanjutkan dengan diskusi public yang dibawa oleh beberapa anggota DPRD yang memberikan beberapa perkelanan tentang beberapa bagian peran dan bagian dari komisi, badan anggaran, fraksi dan beberapa pansus yang ada di dalam DPRD provinsi Kalimantan Timur.

Adapun beberapa pembagiannya sebagai berikut :

  1. Komisi 1, meliputi pemerintahan umum, ketertiban dan keamanan, komunikasi informasi, hukum dan perundang-undang, kependudukan, organisasi kemasyarakatan dan perijinan, badan perijinan, dll.
  2. Komisi 2, meliputi tentang keuangan daerah, asset daerah, perajakan, retribusi,perbankan, dll. Dan beberapa komisi lainnya yang terdapat didalamnya.
  3. Fraksi ini sendiri lebih terfokus pada parpol atau partai politik yang mana merupakan kumpulan darimasyarkat dengan satu atau lebih kesamaan sebagai wadah aspirasi masyarakat umum, seperti :
  • Fraksi PAN
  • Fraksi PKB
  • Fraksi Gerinda
  • Fraksi Golkar

Dalam kesempatan ini mereka juga memerikan beberapa informasi terkait dengan rapat paripurna sebelumnya misalnya tentang pelepasan beberapa asset milik Kaltim kepada Kaltara yang mana pembagianya meliputi beberapa daerah dan fasilitas penting. Dengan pelepasan tersebut tentu saja akan menjadi pekerjaan baru untuk kedua provinsi tersebut untuk berkoordinasi antar instansi, mulai dari instansi bentukan Kalimantan Utara dan intansi dari Kalimantan Timur yang pindahan atau mutasi karena sudah wilayah mereka kerja sudah bukan lagi wilayah Kaltim yang merupakan tempat awal mereka berkerja, beberapa kali juga disebutkan mengenai wilayah bentukan baru/pemerintahan di Berau Kaltara yang diminta da nada sebagai bentuk dari permintaan agar semakin mudah dan cepatnya pelayanan ke pemerintahan disana yang selama ini dikatakan cukup lambat karena letaknya yang jauh dari kantor instansi pemerintahan dan juga sebagai percepatan dalam meningkatkan perekonomian dan perkembangan mulai dari pariwisata hingga perikanan.

Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh rekan mahasiswa adalah mengenai permasalahan narkoba yang sampai sekarang bukan nya menurun namun malah semakin meningkat yang mana semakin merusak banyak sumber daya manusia di Kalimantan Timur yang kebanyakan menyerang para pemuda padahal sudah sejak lama hal ini berlangsung walaupun dengan banyaknya usaha-usaha baik yang dilakukan para instansi terkait masih saja penggunaan narkoba dan orang-orang yang terjebak narkoba semakin tinggi.

Diberitahukan juga bahwa kebanyaakan barang-barang tersebut dikirim dari luar negeri ynag  sepertinya melihat kalau disini merupakan tempat yang ideal dan permintaannya banyak.

Advertisements