Tags

, , ,

NAMA : NURLITA SHAFIRA

NIM     : 1402045019

KELAS  : HI-A

KUNJUNGAN ke DPRD KALIMANTAN TIMUR

Pada tanggal 20 juni 2016 saya bersama teman saya pergi ke DPRD  provinsi Kalimantan Timur untuk melakukan kunjungan. Disana kami ikut dalam rapat paripuna yang ke 15 dengan agenda pembahasan jawaban gubernur atas pemandangan umum fraksi – fraksi DPRD provinsi, pembentukan pansus pembahasan raperda pertanggungjawaban, dan pembentukan pasus investigasi aset provinsi. Dalam rapat yang diadakan juga ada dihadiri Gubernur Kalimantan timur yaitu pak Awang Faroek beliau sangat mengapresiasi kedatangan kami. Dalam rapat paripurna beliau juga memberikan beberapa pendapat. Dalam pembahasan beliau juga bericara tentang revitalisi BUMD, penerapan obligasi daerah, permasalahan habisnya lahan akibat batu bara dan juga menurunkan angka kemiskinan melalui program terintegrasi. Setalah selsai mengikuti jalannya rapat paripurna saya dan teman – teman yang lain diajak untuk bersosialisasi dengan komisi 1 dan komisi 4 DPRD untuk melihat kinrja langsung dari permerintah. Dalam diskusi ini juga dijelaskan apa saja program kerja dari komisi 1 dan 4 yang sesuai dengan bidangnya langsung seperti komisi 1 yag mengatur dan mengurus pemerintahan, hukum ham, politik kepegawaian, ketahanan, Polri, TNI, dan BNN. Sedangkan dikomisi 4 yang mengurus tentang kemahasiswaan, agama, iptek, kesejahteraan yang kemahasiswaan tadi  dapat diartikan sebagai pengurus beasiswa seperti kaltim cemerlang.

Dalam diskusi tadi juga bapak Joseph dan ibu Siti qomariah selaku anggota dari komisi 1 dan 4 banyak memaparkan kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh kedua komisi tersebut dari cara memberikan permasalahan yang terjadi di Kalimantan timur seperti banyak nya wilayah yang mau memekarkan daerahnya seperti pemekaran wilayah kaliamantan utara  dan juga pemekaran dibebrapa wilayah di Kalimantan timur sendiri seperti pemekaran pasar selatan , berau pesisir dan kutai utara. Tetapi itu semua masih dalam tahap proses belum disahkan secara langsung oleh pemerintah Kalimantan timur. Dalam diskusi ini juga ada diberitahukan tugas dari komisi yang lain sperti komisi 2 yang mengatur tentang keuangan daerah, aset derah, perusda, pertanian, perkebunan, dan koperasi. Komisi 3 yang mengatur tentang infrastrktur, perhubungan, penelitian. Dari penjelasan kedua anggota DPR tadi ada beberapa teman yang menanyakan sejauh mana pemerintah menanggapi dari semnagat reformasi, bagaimana peran pemerintah dalam menanggapi masalah wilayah yang mau pemekaran yang dimana itu dapat menimbulkan penguasa – penguasa kecil dan terakhir dari pertanyaan teman – teman apa peran pemerintah tentang narkoba yang merajalela dikalangan anak – anak muda di Kalimantan timur.

Rapat peripurna dan dan sosialisai tadi saya mendapatkan beberapa pengetahuan tentang bagaimana jalannya rapat DPRD yanh dimana fraksi – fraksi memiliki kepentingan didalam sebuah cabinet kerja dan mengetahui apa saja yang dibahas dalam rapat tersebut apa saja  kebijakan – kebijakan yang diambil pemerintah dalam mengatasi permasalahan yang ada di Kalimantan timur baik disamarinda maupun daerah luar. Pembelajaran ini sangat berarti bagi saya karena saya dapat mempelajari langsung yang ada di DPRD yang selama ini hanya dapat saya pelajarinya dikampus saja, baik dari pihak DPRD sangat mengapresiasi kedatangan kami agar kami lebih menganal apa saja kerja dari komisi – komisi di DPRD. Selain itu juga ini merupakan pengalam yang tidak sia – sia untuk saya dan teman saya karena disini ilmu kami diperjelas setelah kami beljar teori nya di kampus ketika langsung turun ke lapangan banyak hal yang dapat diketahui.

Saya juga berharap kinerja pemerintah Kalimantan Timur harus lebih baik lagi dari pada sebelumnya agar dapat menciptakan provinsi yang maju dan memiliki pertumbuhan yang pesat dalam bidang ekonomi, pariwisata, dan lainnya.

 

Advertisements