Tags

, ,

NAMA       : NICKY NASDA JUNITA

NIM            : 1402045057

HI-A 2014

Pada hari Senin tanggal 20 bulan Juni tahun 2016 kami, mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik Program Studi Hubungan Internasional kelas A dan B angkatan 2014 mengadakan kunjungan ke gedung utama DPRD Provinsi Kalimantan Timur dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Teori Perbandingan Politk.

Dalam kunjungan tersebut kami berkesempatan untuk mengikuti rapat Paripurna ke- XV DPRD Provinsi Kalimantan Timur. Acara tersebut dimulai pada pukul 10.00 Wita s.d selesai. Dalam acara tersebut terdapat 4 agenda utama yang menjadi topic pembahasan. Keempat agenda tersebut antara lain:

  1. Jawaban Gubernur atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Provnsi Kaltim terhadap Raperda pertanggung jawaban APBD tahun anggaran 2015
  2. Pembentukan Pansus (panitia khusus) pembahas Raperda pertanggung jawaban APBD tahun anggaran 2015
  3. Pembentukan Pansus (panitia khusus) pelepasan asset Provinsi Kaltim yang ada di Provinsi Kaltara dan instansi vertical
  4. Pembentukan Pansus (panitia khusus) investigasi kegiatan atau korban tambang batubara

Dalam rapat tersebut turut hadir pula Gubernur Kalimantan Timur, Bpk. Awang Faroek Ishak beserta wakilnya Bpk. Mukmin Faisyal yang ikut mengisi acara dengan membacakan serta mendiskusikan keempat agenda utama. Setelah dibahasnya agenda utama, rapat Paripurna ke-XV juga diisi dengan diskusi tatap muka antara Gubernur dan wakil Gubernur dengan para peserta rapat yang terdiri dari fraksi-fraksi partai, anggota komisi I, II, III dan IV. Usai rapat Paripurna ke-XV dilaksanakan terlihat awak media yang ingin meliput akhir dari rapat serta mewawancarai sejumlah peserta rapat yang hadir. Kami juga sempat berfoto dengan salah satu anggota komisi di pelataran depan gedung sambil membawa banner bertuliskan “Potret Kinerja Parlemen”

Selain mengikuti jalannya rapat Paripurna kami juga berkesempatan untuk mengikuti diskusi bersama ketiga anggota DPRD yang mewakili komisi I, dan IV. Ketiga wakil tersebut terdapat Bpk. Josep selaku ketua Komisi I, Ibu Siti Qomariah selaku anggota dari Komisi IV dan Bpk. Hermanto Kewot selaku anggota dari Komisi IV. Dalam pembahasannya Bpk. Josep pertama-tama menjelaskan sedikit mengenai DPRD Kaltim. Beliau menjabarkan bahwa periode ini ada 55 anggota yang dilantik. 55 anggota tersebut terdiri dari 9 fraksi yang mana fraksi-fraksi tersebut adalah:

  1. Fraksi Golkar dengan 13 kursi
  2. Fraksi PDI-P dengan 7 kursi
  3. Fraksi Gerindra dengan 6 kursi
  4. Fraksi Demokrat dengan 5 kursi
  5. Fraksi PPP-Nasdem masing masing 3 kursi
  6. Fraksi PAN dengan 5 kursi
  7. Fraksi PKS dengan 4 kursi
  8. Fraksi PKB dengan 5 kursi
  9. Fraksi Hanura dengan 5 kursi

Dengan kesembilan fraksi tersebut terdapat pula empat Komisi yang masing-masing memilki fungsi dan tugas yang berbeda. Terdapat Komisi I dengan focus kerja pada masalah pemerintahan umum, ketertiban dan keamanan, kependudukan, komunikasi dan informasi, hukum dan perundang-undangan, pertanahan, kepegawaian/aparatur, sosial, politik, organisasi kemasyarakatan dan perizinan, dan badan pengembangan wilayah dan perbatasan. Komisi II dalam bidang  keuangan  dan perekonomian  yang meliputi keuangan daerah, aset daerah, perpajakan, retribusi, perbankan, perusahaan daerah, dunia usaha, penanaman modal, keuangan dan pembangunan, perusahaan patungan, perindustrian, perdagangan, pertanian, perikanan, potensi kelautan, potensi sungai dan danau, peternakan, perkebunan, kehutanan, pengadaan pangan dan logistik, koperasi. Komisi III bidang pembangunan yang meliputi pekerjaan umum, perencanaan pembangunan, perhubungan, pertambangan dan energi, perumahan rakyat dan lingkungan hidup, penelitian dan pengembangan daerah. Dan yang terakhir Komisi IV bidang kesejahteraan rakyat yang meliputi ketenagakerjaan, pendidikan,ilmu pengetahuan, dan teknologi, kepemudaan dan olah raga, agama, kebudayaan, kesejahteraan sosial, kesehatan, keluarga berencana, pemberdayaan dan peranan wanita, transmigrasi, museum, cagar budaya dan kepariwisataan. Selain keempat Komisi tersebut terdapat pula badan badan DPRD yakni:

  1. Badan Anggaran
  2. Badan Kehormatan
  3. Badan Pembentukan Peraturan Daerah
  4. Badan Musyawarah

Setelah menjelaskan sedikit mengenai DPRD, Bpk. Josep mempersilahkan kami untuk menyampaikan aspirasi atau memberikan pertanyaan dengan 3 pertanyaan dalam 1 sesi, sesi tersebut diberi estimasi waktu selama 30 menit. Terdapat 2 pertanyaan yang disampaikan oleh Armin Beni Pasapan dan Kurnianto Rombe Rante dalam mewakili kelas A dan 1 pertanyaan dari Dhysti mewakili kelas B. Setelah mendengarkan jawaban dari bpk. Josep serta tambahan-tambahan lain dari ibu Siti Qomariah dan bpk. Hermanto Kewot, kami segenap mahasiswa Universitas Mulawarman dengan penuh rasa bangga memberikan plakat atau kenang-kenangan berupa pajangan untuk seluruh jajaran dan staf anggota DPRD Kaltim. Hal tersebut juga sebagai rasa terimakasih kami sebagai mahasiswa kepada seluruh pihak yang telah menyambut dan bersedia memberikan waktunya untuk kami. Pak Josep juga sempat mengutarakan apresiasinya untuk kami dan berharap kami bisa menjadi generasi penerus bangsa yang dapat membawa Kaltim bahkan mungkin Indonesia ke arah yang lebih baik lagi.

 

Advertisements