Tags

, , ,

Nama               : Rivaldi

NIM                 : 1402045053

Prodi               : Hubungan Internasional

Kelas               : A

Mata Kuliah    : Teori Perbandingan Politik

Refleksi Pribadi:

“Dialog antara Mahasiswa Universitas Mulawarman Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Jurusan Hubungan Internasional dengan Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur”

 

Perwakilan Rakyat merupakan lembaga Legislatif yang menyimbolkan kedaulatan Rakyat. Hal ini tampak dari pemilihan para Wakil Rakyat yang menggunakan sistem langsung, yang berarti Rakyat secara langsung memilih Anggota Legislative tersebut. Lembaga Legislative di Indonesia berwujud Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sementara untuk bagian Daerah bernama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Fungsi Perwakilan Rakyat secara garis besar adalah fungsi Legislasi (Pembuatan Perundang-undangan) namun selain itu Perwakilan Rakyat juga berfungsi sebagai figur oleh Masyarakat.

Sebagai Perwakilan Rakyat, anggota-anggota Legislative juga harus menjalankan fungsi lainnya yaitu Komunikasi Politik. Komunikasi Politik adalah komunikasi yang melibatkan pesan-pesan politik dan aktor politik atau berkaitan dengan kekuasaan, pemerintahan, dan kebijakan pemerintah. Komunikasi politik juga bisa diartikan sebagai komunikasi antara si Pemerintah dan Rakyat.

Pada tanggal 20 Juni 2016 telah dilakukan Komunikasi Politik antara Mahasiswa Universitas Mulawarman Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Hubungan Internasional. Komunikasi Politik ini berupa dialog yang telah dilaksanakan antara Mahasiswa dan anggota Legislative. Agenda Pertama para Mahasiswa dipersilahkan melihat dan mendengarkan proses sidang Paripurna ke Limabelas (15) DPRD Provinsi Kalimantan Timur. Pada Agenda Pertama sidang Paripurna ke Limabelas (15) DPRD Provinsi Kalimantan Timur ialah Mendengarkan Jawaban Gubernur atas Pandangan umum Fraksi fraksi DPRD terhadap Raperda pertanggung jawaban APBD tahun anggaran 2015. Dalam agenda ini Gubernur Kalimantan Timur Bapak Awang Faroek Ishak bersama Wakil Gubernur Kalimantan Timur Bapak Mukmin Faisal naik ke Podium dan memberikan Pidato Pertanggung jawaban sebagai berikut. Poin Pertama ialah Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan menindaklanjuti rekomendasi dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) selama 60 Hari. Selain itu Pada poin kedua Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan mengadakan Revitalisasi BUMD.

Agenda Kedua dalam sidang Paripurna ke Limabelas (15) DPRD Provinsi Kalimantan Timur ialah Pembentukan Pansus Raperda Pertanggungjawaban APBN Tahun 2015. Dalam agenda ini Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur Bapak Syahrun HS mengambil peran dan memimpin rapat dalam pembentukan Pansus Raperda Pertanggungjawaban APBN Tahun 2015. Agenda Ketiga dalam sidang Paripurna ke Limabelas (15) DPRD Provinsi Kalimantan Timur adalah Pembentukan Pansus pelepasan asset provinsi Kalimantan Timur yang ada di Provinsi Kalimantan Utara dan Instansi. Setelah agenda ini selesai maka sidang Paripurna ke Limabelas (15) DPRD Provinsi Kalimantan Timur pun dilanjutkan dengan agenda Pembentukan Pansus Investigasi Kegiatan/Korban Tambang Batu Bara.

Setelah keempat Agenda tersebut dapat diselesaikan maka sidang Paripurna ke Limabelas (15) DPRD Provinsi Kalimantan Timur pun akhirnya dapat terselesaikan dengan baik. Setelah mendengarkan dan melihat sidang Paripurna ke Limabelas (15) DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Para Mahasiswa mendapatkan Kesempatan untuk berdialog dengan perwakilan Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur yang terdiri dari berbagai Komisi. Di dalam tubuh DPRD Provinsi Kalimantan Timur terdapat berbagai Komisi yang membidangi bidang khusus. Komisi-komisi ini terdiri dari Empat Komisi. Komisi Satu(I), meliputi pada pemerintahan umum, Kemanan, Hukum dan perundang-undangan, pertahanan, dan Kepagawaian. Pada Komisi Dua (II), meliputi bidang Kuangan Daerah, Penanaman Modal,Perindustrian, dan Perdagangan. Pada Komisi Tiga (III), meliputi bidang Pembangunan, seperti Pekerjaan umum, Perencanaan  Pembangunan, Perumahan Rakyat dan Pengembangan Daerah. Komisi Empat (IV) meliputi bidang Ketenagakerjaan, Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, Kebudayaan, dan Kesejahteraan Sosial.

Pada kesempatan tersebut Para Mahasiswa mendapatkan Penjelasan yang sangat akurat mengenai Komisi-Komisi yang ada di DPRD Provinsi Kalimantan Timur dan Para Mahasiswa pun mendapatkan kesempatan untuk bertanya ataupun memberikan masukan kepada DPRD Provinsi Kalimantan Timur. Dalam Kegiatan ini selain menjadi sarana dalam Komunikasi Politik juga menjadi pembelajaran terhadap Proses Politik yang ada. Kegiatan inipun mendapatkan apresiasi yang Postif oleh Gubernur Kalimantan Timur Bapak Awan Faroek Ishak dan juga mendapatkan apresiasi postif dari Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur Bapak Syahrun HS.

Advertisements