Tags

, , ,

Nama                           : Maretiana Dwi A.

Nim                             : 1402045040

Program Study            : Hubungan Internasional (A)

Mata Kuliah                : Teori Perbandingan Politik

                                                Mengenal Parlemen Lebih Dekat

            Pada hari senin, 20 Juni 2016, para mahasiswa Hubungan Internasional angkatan tahun 2014 melakukan kunjungan ke kantor DPRD Provinsi Kalimantan Timur. Tujuan kunjungan ini adalah untuk melihat seperti apa kinerja para wakil rakyat dan berdiskusi dengan para anggota dewan mengenai program kerja DPRD Provinsi Kal-Tim dan menyampaikan pendapat-pendapat mengenai kinerja DPRD. Selain itu juga, kami diundang oleh DPRD untuk mengikuti rapat paripurna DPRD Provinsi Kal-Tim ke-15 yang dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kal-Tim yaitu. Beberapa agenda yang dibicarakan di rapat paripurna itu antara lain :

  1. Jawaban Gubernur atas fraksi-fraksi DPRD Provinsi Kal-Tim terhadap Raperda pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2015
  2. Pembentukan Pansus Pembahas Pertanggungjawaban APBD TA. 2015
  3. Pembentukan Pansus Pelepasan Aset Provinsi Kal-Tim yang ada di provinsi Kaltara dan Instansi Vertikal
  4. Pembentukan Kasus Investigasi Kegiatan/atau Korban Tambang Batubara

            Ada sekitar 24 poin yang disampaikan oleh Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur mengenai jawaban pemerintah atas pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2015. Selain itu juga, beliau membahas mengenai perekonomian yang dimana perekonomian Indonesia saat ini terutama Kal-Tim sedang melemah, namun Kal-Tim masih mampu menurunkan angka kemiskinan karena perekonomian KalTim sendiri tidak hanya bergantung pada minyak dan gas.

                        Selain itu juga kami berkesematan berdiskusi bersama anggota DPRD Komisi 1 dan 4, yaitu Bapak Joseph dan Bapak Hermanto. Dalam diskusi ini pak Joseph memaparkan secara garis besar mengenai komisi-komisi yang ada di DPRD KalTim, yaitu :

  1. Jumlah anggota DPRD Provinsi saat ini berjumlah 55 anggota yang terbagi atas 9 fraksi partai yang berbeda, yaitu partai Golkar, PDIP, Gerindra, Demokrat, PKS, PAN, PKB, dan Hanura
  2. Dan kemudian untuk komisi, ada 4 komisi yang ada di DPRD antara lain :
  3. Komisi 1 : membidangi pemerintahan, hukum, HAM, dan politik
  4. Komisi 2 : membidangi keuangan daerah, perbankan, perusahaan daerah, pertanian dan perkebunan
  5. Komisi 3 : perhubungan dan lingkungan hidup
  6. Komisi 4 : ketenagakerjaan, teknologi, olahraga, budaya, pendidikan dan kesejahteraan sosial

Dan juga ketua komisi 1 menjelaskan mengenai pemekaran wilayah dan daerah otonomi baru. Beliau juga sangat berterima kasih atas kunjungan dari mahasiswa HI 2014 dan berjanji akan terus memperbaiki kinerja dan juga program kerja yang mereka jalankan saat ini.

Advertisements