Tags

, , ,

Hartomo Setyo Ari Wibowo

1402045038

Hubungan Internasional | A

Paper Teori Perbandingan Politik – Kunjungan ke DPRD (20 juni 2016)

            Kegiatan di mulai dengan mempersiapkan banner dan plakat yang akan di berikan kepada perwakilan DPRD kemudian kami selaku peserta kunjungan ke kantor DPRD mulai berangkat menuju lokasi, dimulai dengan mengikuti rapat rapat paripurna yang di lakasanakan di gedung utama dengan hadirnya Pak Awang Faroek Ishak selaku gubernur yang menjelaskan beberapa hasil dari rapat yang di lakukannya sebelumnya dengan paraanggota dewan yang mengikuti rapat paripurna yang ke 15 tadi, banyak yang di jelaskan oleh pembicara salah satunya bapak gubernur. Dengan menyampaikan proker yang akan di lakuakan di kemudian harinya satu persatu di sampaikan dengan menminta persetujuan, sanggahan, dan tanggpan para anggota dewan perwakilan rakyat.

            Dengan mengikuti rapat paripurna yang berlangsung sekitar 3 jam lebih mengamati sistematika rapat paripurna secara langsung dan mencoba memahami setiap ayng di sampaikan oleh setiap pembicara mulai dari menyampaikan pemikiran, tanggapan, dan sanggahan begitu juga pendapat atas. Banyak agenda yang di sampaikan oleh ketua rapat paripurna. Rapat di mulai pada jam 11 dengan memulai doa dan dilanjutkan pembuka dari ketua sdang dan kemudian masuk ke inti rapat yang di sampaikan oleh Bapak Awang selaku gubernur.

            Ada 4 agenda yang disampaikan dalam rapat paripurna tersebut pertama, jawaban gubernur atas pandangan umum fraksi terhadap pertanggungjawaban APBD tahun 2015,  kedua, pembentukan pansus membahas raperda pertanggungjawaban APBD tahun anggran 2015, ketiga, pembentukan pansus atas pelepasan aset KALTIM yang ada di KALTIM dan instansi vertikal, keempa, pembentukan pansus investigasi kegiatan/ korban tambang. Bisa di katakan kami selaku mahasiswa HI sangat beruntung bisa mengikuti kegiatan rapat paripurna DPRD ini karena dapat mengetahui bagaimana dana apa yang sebenarnya terjadi di dalam lingkup kalimantan timur ini, bukan hanya bisa mengkritisi saja namun bisa juga merasakan peroblematika yang ada dan mulai bisa berpikir untuk menmajukan kalimantan timur untuk kedepannya.

            Dari rapat yang di laksanakan dapat di sebut beberapa pembahaan yang disampaikan antara lain. :

  • Pemerintah akan mempertimbangkan proses LKPD secara terpisah sesuai ketentuan dan memeperbaiki subtemasinya.
  • Menindaklanjuti rekomendasi BPK-RI selama 60 hari.
  • Melakukan optimelisasi sumber pendapatan daerah karena sedang mengalami penurunan
  • Mengapresiasi fraksi secara komprehensif terhadap kinerja BUMN
  • Mempengaruhi fraksi terhadap opini publik/ wajar tanpa pengecualian.

Setelah melalui rapat yang lama sekali akhirnya kami sampai di bagain terakhir rapat paripurna ke 15. Setelah selesai dengan rapat paripurna kami peserta kunjungan ke kantor DPRD dilanjut ke gedung E untuk melakukan diskusi mengenai hal yang terkait akan komisi yang di kunjungi, dengan sistem diskusi ini kita bisa mengetahui lebih banyak mengenai masing-masing komisi yang ada mengetahui tugas dan tujuannya dengan 3 komisi yang mengajukan masing maisng 1 narasumber mereka saling memaparkan materi yang mereka miliki untuk di bagi kepada peserta kunjungan. Satu persatu narasumber / pemateri mulai memaparkan penjelasan. Sesampainya di akhir penjelasan para peserta di beri kesempatan untuk bertanya kepada tiap wakil dari komisi.

Pertanyaan di berikan hanya 3 kesempatan bagi peserta karena minimnya waktu yang tersisa jadi dengan sigap para peserta yang bertanya mulai melontarkan tanggapan, sanggahan, pendapat, dan juga pertanyaan mereka. Setelah 3 pertanyaan di lontarkan oleh peserta dan mulai di jawab satu persatu oleh narasumber, akhir kegiatan di lakuakn penyerahan olakat oleh mahasiswa hubungan internasional kepada dewan perwakilan rakyat dan sesi foto bersama. Sekian dan terima kasih maaf atas kekurang ayng ada.

Advertisements