Tags

, , ,

Nama               :Hadi Nur Muta’ali

NIM                :1402045059

Prodi               :Hubungan Internasional

Tugas               :Paper Teori Perbandingan Politik

POTRET KINERJA PARLEMEN DPRD PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Mahasiswa Hubungan Internasional mendapat undangan untuk datang ke gedung parlemen DPRD Provinsi Kalimantan Timur yang berada di Jl. Teuku Umar karang asam pada tanggal 20 Juni 2016, Kemarin. Dalam kunjungan kami, para mahasiswa dapat mengetahui bagaimana sistem dan kinerja parlemen yang berada di dalam gedung DPRD bagaimana dalam membentukan peraturan-peraturan dan pembentukan pansus dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di kalimantan ini. Para mahasiswa sangat bahagia dalam kunjungan momentum yang sangat penting ini dan saya sendiri sangat bahagia bisa berkunjung dan memenuhi undangan bersama sesama mahasiswa lainnya, khususnya mahasisiwa Hubungan Internasional Universitas Mulawarman.

Dalam kesempatan yang sangat penting ini, kami mahasiswa Hubungan Internasional tidak menyianyiakan kesempatan yang telah di berikan dan dapat mengenal lebih dekat anggota disetiap peran dan fungsi dari bagian parlemen yang ada di DPRD Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam pembahasan atas jawaban Gubernur Kalimantan Timur pada senin, 20 Juni 2016 kemarin kami mendapat poin-poin penting yaitu:

  1. Pemerintah akan mempertimbangkan APBD
  2. Akan menindaklanjuti rekomendasi BPK selama 60 hari
  3. Pemerintah serpendapat dengan fraksi-fraksi untuk memanfaatkan SDA kalimantan demi perbaikan finansial
  4. Pemerintah akan melakukan revitalisasi BUMD
  5. Pemerintah mengapresiasi frasksi-fraksi yang memberikan opini pada peraturan pemerintah
  6. Pertumbuhan ekonomi melemah karena turunnya harga minyak dan gas. Namun kaltim masih mampu menurunkan tingkat kemiskinan karena ekonomi tidak hanya bergantung pada migas dan batubara
  7. Pemerintah akan memberikan bantuan kepada murid yang putus sekolah
  8. Pemerintah akan meningkatkan fasilitas kesehatan dengan akreditasi rumah sakit dan pukesmas

Setelah selesai mengituti Rapat Paripurna ke-15 DPRD Provinsi Kalimantan Timur kami mahasiswa Hubungan Internasional melanjutkan diskusi publik dengan beberapa anggota di gedung E tepatnya di belakang gedung utama DPRD Kaltim. Dalam diskusi yang cukup singkat kami diperkenalkan oleh anggota fraksi-fraksi dan peranan anggota DPRD

            Komisi peran anggota DPRD:

  1. Komisi 1 : meliputi pemerintahan umum, keamanan, ketertiban, kependudukan,hukum dan perundang-undangan, pertahanan, kepegawaian, organisasi kemasyarakatan, aparaqtur sosial, politik, dan badan pengembangan wilayah perbatasan.
  2. Komisi 2 : meliputi keuangan daerah, aset daerah, perpajakan, perbankan, perusahanaan daerah, dunia usaha, penanaman modal, pertanian perikanan,peternakan, perkebunan, perdagangan, perusahaan patungan.
  3. Komisi 3 : meliputi pekerjaan umum, perencanaan pembangunan, perhubungan, pertambangan dan energi, perumahan rakyat dan lingkungan hidup, penelitian dan pelembagaan daerah.
  4. Komisi 4 : meliputi ketenaga kerjaan, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan teknologi kepemudaan dan olah raga, agama kebudayaan, kesejahteraan sosial, kesehatan, keluarga berencana, pemberdayaan dan peranan wanita, transmigrasi, museum, cagar budaya dan kepariwisataan.

Adapun fraksi-fraksi yang ada di DPRD Kalimantan Timur:

  1. Fraksi partai Golkar
  2. Fraksi PDI-P
  3. Fraksi partai Gerindra
  4. Fraksi partai Demokrat
  5. Fraksi PKB
  6. Fraksi PAN
  7. Fraksi Hanura
  8. Fraksi PKS
  9. Fraksi PPP-NASDEM

Selatelah mendapatkan peran dan fungsi dari keanggotaan DPRD Kaltim kami pun diberikan waktu untuk tanya jawab kepada anggota DPRD di depan. Pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan sahabat saya meliputi:

  1. Tentang pembagian wilayah antara Berau muara dan Berau pesisir yang menjadi pertanyaan yang ganjil dan dapat di pertanyakan.
  2. Tentang bahaya narkoba yang telah menjadi virus khususnya para remaja yang ada di kalimantan, khususnya samarinda

Dan jawaban dari anggota DPRD adalah:

  1. Wilayah berau jika di ukur dengan jarak akan sangat jauh sekali belum lagi sarana transfortasi yang belum memadai dan konstruksi jalan yang masih dalam tahap pengembangan dan pelebaran jalan maka dari itu wilayah berau akan di bagi menjadi 2 agar para masyarakat apabila ingin mengurus kepada instansi terkait jaraknya tidak sangat jauh dan akan menimbulkan peluang kerja baru bagi masyarakat di sana seperti keluarahan, kecamatan dan lain sebagaimanai instansi-intansi yang ada. Dari semua ini akan menimbulakan fitback positif bagi masyarakat berau dalam untuk juga memajukan tingkat pariwisata yang ada di bearu khususnya dan menjadi destinasi bagi para turis lokal maupun mancanegara.
  2. Bahaya yang di timbulkan dari narkoba memanglah sangat besar, kini tidak dapat dipungkiri bahwa narkoba sudah tidak menjadi barang asing di lingkungan remaja saat ini. Bahkan teman sebaya, teman berkumpulan juga menggukan barang haram tersebut. Disini peran pemerintah dan khusunya masyarakat orang tua harus ikut ambil bagian dalam pemberantasan korupsi yang sudah meracuni kaum muda di indonesia khususnya samarinda. Para orang tua mengeluh kepada pemerintah atas anaknya yang sudah kecanduan barang haram tersebut. Bangsa ini di jajah oleh negara cina, mengapa? Cina membuat barang haram itu untuk menghancurkan para generasi muda tidak hanya di indonesia dan khsusnya di negara-negara besar aga laju pertumbuhan di negara maju tidak melesat dan segnifikan, sedangkan negara pembuat akan lebih mudahnya untuk mengelabui dan memanjukan negaranya. Itulah sebab nya barang haram itu di ciptakan dan indonesia harus mempunyai tameng yang kuat dan memberantas kejahatan dan permasalahan di dunia saat ini.

Dan demikian lah atas bincang-bincang dengan anggota perlemen DPRD provinsi kalimantan timur. Disini pemerintah sudah berupaya memksimalkan peranannya untuk memajukan wilayah kalimantan khusunya samarinda dan wilayah-wilayah terdalam yang masih jarang terekspose dan belum banyak di ketahui oleh masyarakat pribumi.

            Demikian paper ini saya buat atas tugas yang telah diberikan oleh dosen ibu UNIS, saya harap dapat diterima dengan baik. Terimakasih

 

Advertisements