Tags

, , ,

Nama         : Fahrurrozi
NIM           : 1402045056
Prodi                   : HI A

Kunjungan Mahasiswa Hubungan Internasional ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Timur yang di laksanakan pada hari senin tanggal 20 Juni 2016 pada pukul 10.00 WITA dengan tema Potret Kinerja Parlemen. Mahasiswa Hubungan Internasional hadir atas undangan oleh ketua DPRD Provinsi Kaltim HM. Syahrun HS. terkait agenda Rapat Paripurna ke 15 DPRD Provinsi Kaltim. Mahasiswa Hubungan Internasional yang hadir sebanyak satu angkatan 2014 serta beberapa dari angkatan diatas 2014 yang juga mengambil mata kuliah teori perbandingan politik pada semester genap tahun 2016 ini.

Rapat Paripurna ke 15 DPRD Provinsi Kalimantan Timur dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2016 yang bertempat di Gedung Utama DPRD Provinsi Kalimantan Timur Jalan Teuku Umar Karang Paci Samarinda. Rapat dibuka dan dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur HM. Syahrun HS. yang juga melaporkan bahwa rapat di hadiri sebanyak 28 anggota dewan. Serta dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur.

Adapun agenda pembahasan dalam rapat paripurna ke 15 DPRD Provinsi Kalimantan Timur diantaranya Jawaban Gubernur atas Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Provinsi Kalimantan Timur terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2015, Pembentukan Pansus Pembahas Raperda Pertanggunjawaban APBD Tahun Anggaran 2015, Pembentukan Pansus Pelepasan Aset Provinsi Kaltim yang ada di Provinsi Kaltara dan Instansi Vertikal, dan Pembentukan Pansus Investigasi Kegiatan/Korban Tambang Batu Bara.

Dalam agenda pertama rapat paripurna ke 15 DPRD Provinsi Kaltim di mulai dengan tanggapan atau jawaban dari Gubernur selaku Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur atas Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Provinsi Kalimantan Timur terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2015. Dalam tanggapan atau jawaban tersebut terdapat 24 poin yang dikemukakan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur secara bergantian.

Poin-poin dalam tanggapan atau jawaban tersebut diantaranya Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan mempertimbangkan rancangan RKPD dan akan menindaklanjutinya kemudian sependapat untuk menindaklanjuti segala rekomendasi BPPRI. Pemerintah juga sependapat untuk terus melakukan optimalisasi sumber-sumber pendapatan daerah dan juga mengapresiasi fraksi-fraksi dan berbagai pihak dalam kontribusi pada PAD BUMD Provinsi Kalimantan Timur.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur juga mengucapkan terima kasih terhadap apresiasi fraksi-fraksi dan akan terus memperbaiki daripada opini-opini tanpa pengecualian serta berkomitmen untuk meningkatkan dan melakukan pembenahan yang internship dimasa yang akan datang.

Pemerintah juga berterima kasih atas saran dan opini dari anggota dewan terkait capaian sumber daya manusia Kalimantan Timur yang berkualitas agar sesuai dengan target sarana prasarana pendidikan, lalu dengan program beasiswa dan sistem wajib belajar 12 tahun. Kemudian urusan dalam bidang kesehatan dengan meningkatkan kualitas dan akses sarana dan prasarana kesehatan untuk seluruh lapisan msyarakat dengan meningkatkan akreditasi Rumah Sakit dan Puskesmas yang sesuai dengan standar.

Kemudian Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berupaya untuk menurunkan tingkat kemiskinan sebesar 5% dengan menjalankan program dan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar dan pemberdayaan masyarakat serta Pemerintah terus berkoordinasi dalam pencapaian dan peningkatan daya saing barang dan jasa. Lalu juga mengenai pembangunan jalan dan jembatan serta jalan tol dan evaluasi terhadap proyek jembatan yang belum selesai.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berkomitmen penuh dalam pemenuhan kebutuhan air bersih dengan memperbaiki sistem irigasi dan dengan dibangunnya waduk tritib dengan membuat instalasi air bersih serta juga mengenai penyelesaian pembangunan BSB dan bandara di Kabupaten Berau. Pemerintah juga melakukan evaluasi kinerja dengan indikator kepuasan layanan terhadap masyarakat.

Berkaitan dengan pemerataan pembangunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berupaya memnuhi kebutuhan informasi dengan melakukan pembangunan tower-tower telekomunikasi dan informatika. Kemudian Pemerintah segera menyelesaikan permasalahan lahan dengan mengikuti pedoman yang berlaku dan juga berupaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup dengan melakukan perlindungan terhadap tanaman dan satwa langka serta pengelolaan lahan bekas tambang batu bara.

Mengenai kenaikan harga komoditi pasar yang terjadi pada bulan Ramadan di yakini Pemerintah dikarenakan permintaan terhadap pasokan barang yang meningkat. Salain itu juga melestarikan dan mengembangkan dan melakukan program perlindungan terhadap tanaman dan satwa langka yang ada di Kalimantan Timur dengan upaya-upaya nya seperti penanaman 200 pohon dan lain sebagainya.

Kemudian untuk agenda-agenda selanjutnya dilanjutkan oleh Ketua DPRD Provinsi Kalimantan dengan pembacaan-pembacaan Pembentukan Pansus Pembahas Raperda Pertanggunjawaban APBD Tahun Anggaran 2015, Pembentukan Pansus Pelepasan Aset Provinsi Kaltim yang ada di Provinsi Kaltara dan Instansi Vertikal, dan Pembentukan Pansus Investigasi Kegiatan/Korban Tambang Batu Bara yanng pada akhirnya disepakati oleh seluruh anggota dewan yang hadir dalam Rapat Paripurna ke 15 DPRD Provinsi Kalimantan Timur tersebut.

Selanjutnya setelah mengikuti Rapat Paripurna ke 15 DPRD Provinsi Kaltim hingga selesai pada pukul 14.00 WITA, seluruh Mahasiswa Hubungan Internasional mengikuti diskusi bersama anggota dewan Komisi 1 dan Komisi 4. Dari Komisi 1 dihadiri oleh Ketua Komisi 1 Bapak Josep dan anggotanya Ibu Siti Qomariah serta anggota Komisi 4 Bapak Heramnto Kewot. Bapak Josep telah memaparkan mengenai DPRD dan Komisi-komisi yang ada beserta tugas-tugasnya.

Dari pemaparan Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Timur dapat diketahui bahwa terdapat 55 orang anggota dewan yang terbagi kedalam 4 komisi yang berasal dari 9 fraksi partai politik melalui pemilihan daerah dari 6 daerah pilih di seluruh daerah di Kalimantan Timur.

Untuk Komisi 1 DPRD Provinsi Kalimantan Timur diketuai oleh Bapak Josep dan untuk tugas-tugasnya meliputi pemerintahan, hukum, politik, hak asasi manusia, kepegawaian dan pertahan. Kemudian Komisi 2 DPRD Provinsi Kalimantan Timur diketuai oleh Bapak Edy Kurniawan dengan tugas meliputi keuangan, aset daerah, perbankan, perusahaan daerah, koperasi, pertanian, dan perkebunan.

Komisi 3 DPRD Provinsi Kalimantan Timur diketuai oleh Bapak Dahri Yasin dengan tugas- tugas meliputi pembangunan infrastruktur, perumahan, jalan, jembatan, pekerjaan umum, perhubungan, pertambanan, energi. Dan untuk Komisi 4 DPRD Provinsi Kalimantan Timur diketuai oleh Bapak Zain Taufik Nurrohman dengan tugas-tugas yang meliputi ketenagakerjaan, pendidikan, ilmu pengetahuan, kesehatan, agama, budaya.

Dan pemaparan yang terakhir mengenai badan-badan yang ada di DPRD Provinsi Kalimantan Timur diantaranya terdapat Badan Musyawarah, Badan Pembuat Peraturan Daerah, Badan Kehormatan dan Badan Anggaran. Yang kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh 3 orang Mahasiswa Hubungan Internasional diantaranya Armin Beni Pasapan, Kurnianto Rombe Rante, dan Dhisti Windyswara.

Setelah selesai dengan sesi tanya jawab akhirnya diskusi selesai dan ditutup oleh Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Kaltim yang berakhir pada pukul 15.40 WITA. Akhirnya Kunjungan Mahasiswa Hubungan Internasional ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Timur yang di laksanakan pada hari senin tanggal 20 Juni 2016 selesai terlaksana dengan lancar dan mendapat apresiasi penuh dari seluruh anggota dewan serta Ketua dan Wakil ketua DPRD dan juga Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur.

Advertisements