Tags

,

Nama : Irma Yulianti

NIM : 1402045050

Mata Kuliah : Pemikiran Politik Islam

“Trend Fashion Hijab di Indonesia”

Beberapa minggu yang lalu saya bersama teman-teman yang tergabung dalam satu kelompok sebagai tugas mata kuliah pemikiran politik islam melakukan survey lapangan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Mulawarman terkait dengan pola pikir mahasiswa/mahasiswi jaman sekarang tentang pemikiran mereka dalam sisi agama. Pada saat itu kelompok kami mengambil kasus “Apakah hijab sebagai ikon Muslimah menjadi penghalang dalam mengekspresikan diri?”. Berkaitan dengan tugas kelompok yang Alhamdulillah telah selesai tersebut, saat ini sebagai tugas Individu untuk mata kuliah Pemikiran Politik Islam dalam tulisan ini saya akan mengangkat tema yang masih berkaitan dengan tugas kelompok sebelumnya.

Berbicara tentang menutup aurat yang di Indonesia lebih familiar menyebutnya dengan kata “Hijab” atau berhijab yang saat ini telah berkembang menjadi trend fashion di kalangan wanita bukan hanya wanita dewasa atau yang telah menikah tetapi juga dikalangan remaja. Telah banyak wanita Indonesia muslim yang memilih untuk mengenakan penutup aurat atau jilbab yang sebelumnya sangat tidak minat minat dan perhatian terutama dikalangan remaja dan yang biasa mengenakan hijab adalah kaum ibu rumah tangga yang berusia paruh baya.

Hijab merupakan alat untuk menutup aurat seorang wanita muslimah karena aurat seorang wanita adalah dari ujung kepala hingga kaki kecuali kedua telapak tangan dan wajah. Seorang muslimah yang memakai hijab akan terlihat lebih anggun dari biasanya dan bahkan aura kecantikannya pun juga semakin bersinar. Hal ini jauh sekali dari pemikiran wanita Indonesia sebelum Fashion hijab berkembang di Indonesia. Dahulu, seorang muslimah yang berhijab di pandang ketinggalan jaman, tua, kolot, dan tidak fashionable dikarenakan jenis hijab yang ada pada saat itu tidak bervariasi dari model jilbab dan warna jilbab itu sendiri.

Penggunaan hijab atau penutup aurat ada beberapa jenis, diantaranya yaitu ada khimar, abaya, jilbab, chador, nikab dan burqah. Berikut penjelasannya :

  1. Khimar

Khimar adalah pakaian yang menutupi kepala,leher dan menjuntai hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan. Khimar wajib jatuh lurus dari atas hingga ke bawah tanpa di ikatkan agar lekuk tubuh wanita pemakainya tidak terlihat.

  1. Abaya

Abaya sangat populer dan paling sering di gunakan oleh wanita di Jazirah Arab. Bentuknya semacam jubah untuk menutupi pakaian saat digunakan di tempat umum. Abaya biasanya di buat dari serat sintetik hitam, terkadang dihiasi dengan bordiran berwarna. Abaya tradisional digunakan dari ujung kepala hingga menyentuh tanah atau hanya untuk menutupi bagian bahu. Abaya biasanya diikat hingga tertutup rapat dan dikombinasikan dengan scraft kepala atau cadar. Kini abaya telah banyak dimodifikasi namun tetap memperhatikan ciri khasnya, lebar dan cenderung berwarna hitam.

  1. Jilbab

Jilbab sebenarnya adalah sebutan untuk mendeskripsikan kain atau jubah yang menutupi wanita saat berada di tempat umum. Terkadang khusus untuk menyebut gaya jubah tertentu yang menyerupai abaya namun lebih ketat dan memiliki warna serta bahan yang bervariasi. Jilbab memiliki model yang mirip dengan coat panjang. Wanita Indonesia cenderung memakai jilbab karena memberikan banyak kebebasan untuk dimodifikasi.

  1. Chador

Chador adalah jubah yang menyelimuti ujung kepala wanita hingga mencapai tanah biasa dipakai oleh wanita Iran tanpa cadar. Tidak seperti abaya chador tidak diikatkan dibagian depannya.

  1. Niqab

Niqab adalah chadar yang dipakai kaum wanita muslim yang membebaskan pemakainya menutupi bagian mata atau tidak.

  1. Burqah

Burqah menutupi seluruh tubuh wanita, tak terkecuali bagian mata yang ditutupi kain berjaring. Di afghanistan burqah sangat populer dan biasa juga disebut niqab.

Di Indonesia yang biasa di gunakan wanita muslim adalah Jilbab karena jilbab mudah dipadupadankan dengan busana yang lainnya sesuai dengan gaya busana wanita yang memakainya. Seiring dengan semakin banyaknya wanita muslim di Indonesia yang menggunakan hijab saat ini telah banyak sekali bermunculan desainer hijab. Desainer hijab Indonesia yang telah banyak mencetuskan trend hijab seperti Dian Pelangi, Zaskia sungkar Jenehara, Zaskia Adya Mecca dan masih banyak lagi. Masyarakat Indonesia patut bangga karena para desainer hijab Indonesia telah banyak menghasilkan prestasi tidak hanya di nusantara tetapi di dunia Internasional dan menjadikan tren hijab mendunia. Bahkan Indonesia saat ini telah mengembangkan program pencanangan Indonesia menuju kiblat Fashion Muslim dunia 2020 yang telah dicanangkan sejak tahun 2010.

Berbagai komentar pro dan kontra terkait fashion hijab di Indonesia seiring dengan perkembangannya masih menjadi perdebatan. Di dalam hukum islam itu sendiri menutup aurat ada aturannya. Aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuali muka atau wajah dan telapak tangan. Sehingga kalau bagian tersebut hanya dibalut dengan baju dan tidak longgar, alias ketat, maka berarti aurat belumlah tertutup. Jadi apa yang dilakukan oleh sebagian wanita muslimah dengan memakai penutup kepala namun sayangnya berpakaian ketat, bukanlah menutup aurat karena bagian aurat seperti tangan masih terlihat bentuk lekuk tubuhnya. Celana ketat pada paha pun masih menampakkan lekuk tubuh yang seksi. Lebih-lebih di dada walau kepala tertutup, masih membuat laki-laki tergoda syahwatnya.

Berjilbab yang benar bukan hanya menutup rambut kepala. Tetapi juga harus memperhatikan baju dan rok yang digunakan, mestilah lebar. Adapun menggunakan celana panjang tidaklah menggambarkan menutup aurat dengan sempurna meski longgar karena bentuk lekuk tubuh masih terlihat. Jadi yang aman bagi wanita adalah menggunakan baju atau gamis lalu ditutupi dengan jilbab yang lebar di luarnya yang panjangnya hingga pinggang atau paha sehingga lebih menutupi sempurna bagian badan. Kemudian bagian bawah lebih sempurna menggunakan rok yang lebar (longgar), tidak ketat. Rok tersebut hingga menutupi kaki.

Sebagaimana Allah berfirman: “Hai anak adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang palin baik. yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu mengingat. (QS. Al-A’rof:26)

Advertisements