Tags

, ,

NAMA           :NAJIB KAZWANDANI

NIM                :1302045038

PRODI           :HUBUNGAN INTERNASIONAL  KELAS   A  2013

 

Jepang dimataku

Jepang ,menurut saya jepang adalah sebuah Negara yang maju dan mempunyai kekuatan yang besar saat ini,Negara ini mempunyai kekuatan militer dan ekonomi yang sangat kuat dan merupakan salah satu saingan dari amerika serikat,seperti yang kita ketahui bahwa Negara jepang yang sekarang tidak seperti jepang yang dulu,jepang mengalami keterpurukan di masa lalu pasca perang dunia kedua saat tentara sekutu mengancurkan 2 kota yang sangat vital di jepang pada saat itu,yaitu Hirosima dan Nagasaki.perekonomian jepang menjadi hancur dan banyak korban yang tewas pada saat itu.akan tetapi yang saya kagumi dari negera jepang ini adalah semangat dari rakyatnya yang pada saat itu mengalami keterpurukan yang sangat dalam,mereka berusaha dan mampu bangkit untuk membangun kembali sisa-sisa kehancuran tersebut,baik dari sisi ekonomi,politik dan militernya.hal ini mungkin dikarnakan masyarakat jepang yang sangat menjunjung tinggi sikap semangat dan pantang menyerah,oleh karna itu mereka mampu bangkit dalam waktu yang lumayan singkat untuk menjadi salah satu Negara yang kuat baik dalam bidang ekonomi,social, politik serta militer.

Jepang adalah Negara yang selain mempunyai kekuatan dibidang ekonomi,militer,social dan politik yang kuat.selain itu jepang juga mempunyai kekuatan yang sangat terkenal didunia,yaitu kekuatan di bidang budaya,bicara tentang budaya jepang,jepang mempunyai banyak sekali kebudayaan yang sudah sangat terkenal,tidak dapat dipungkiri ketika kita mendengar kata “jepang”kita pasti langsung teringat budaya jepang,misalnya saja kimono,manga dan lain lain.mengapa itu bias terjadi,dikarnakan jepang menggunakan budaya mereka untuk atau sabagai alat untuk berdiplomasi mereka memperkenalkan budaya mereka dan menjunjung tinggi hal tersebut,sehingga Negara lain akan cepat mengenal jepang dan mengetahui identitas jepang.yang menarik menurut saya adalah budaya dari jepang yang biasa disebut manga,atau dalam bahasa indonesianya adalah komik.menurut saya komik adalah budaya jepang yang sangat menarik,karna komik ini sebagai bahan bacaan bias juga sebagai bahan hiburan bagi penikmatnya,dilihat dari sisi cerita yang rata-rata menarik dan dari segi gambar membuat penggemarnya terkagum kagum.manga sudah sangat terkenal sekali di belahan dunia dan mempunyai banyak penggemar,penggemar dari manga tersebut bukan hanya dari kaum anak-anak saja,akan tetapi dari kaum anak-anak ke kaum orang dewasa,bayangkan saja betapa terkenalnya kebudayaan manga terebut,bahkan perkembangan manga di Indonesia saja sudah ada sejak lama.

 

 

Manga berasal dari bahasa Jepang yang berarti “Komik” dalam bahasa Indonesia. Secara harfiah, manga memiliki arti “Gambar Aneh” atau “sketsa spontan”. Manga telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa di negara-negara di luar Jepang termasuk Cina, Perancis, Italia, Malaysia, Indonesia dan lainnya. Untuk beberapa negara terdapat sebutan tersendiri untuk menyebut komik yaitu “Manhua” untuk China / Hongkong / Taiwan dan “Manhwa” untuk Korea. Manga khas Jepang umumnya menggunakan gaya/style sederhana dalam menggambar manga. Ciri khasnya adalah mata besar, mulut kecil dan hidung sejumput. Ada juga gaya menggambar Lolicon maupun Shotacon. Tapi tidak semua manga digambarkan dengan sederhana. Beberapa mangaka menggunakan style yang realistis, walaupun dalam beberapa elemen masih bisa dikategorikan manga. Namun, gambar latar belakangnya hampir semua manga digambarkan serealistis mungkin. Manga biasanya dicetak hitam-putih, namun ada juga beberapa yang berwarna. Di Jepang juga ada “kafe manga” atau “manga kissa” (kissa merupakan singkatan dari kissaten yang berarti kedai kopi). Pada manga kissa, orang minum kopi dan membaca manga, dan kadang-kadang tinggal di sana semalaman.

Di Jepang, ada Museum Manga Internasional Kyoto yang juga menyimpan daftar situs manga yang sangat besar yang diterbitkan dalam bahasa Jepang. Manga di Jepang diawali pada jaman Edo, di mana seorang pemahat kayu dan pelukis bernama Katsushika Hokusai (1760 –1849), menciptakan istilah Hokusai Manga pada serial sketsanya yang berjumlah 15 volume dan diterbitkan pada tahun 1814. Hokusai itu sendiri berasal dari 2 huruf Cina yang memiliki arti “gambar manusia untuk menceritakan sesuatu”. Pada awal abad 19, muncul seorang mangaka bernama Osamu Tezuka (1928-1989) yang membawa sejarah baru di dunia manga Jepang. Karyanya yang terkenal adalah Tetsuwan Atom (Astro Boy) dan manganya yang diadaptasi dari novel Treasure Island (karya Robert Louis Stevenson) meraih nilai penjualan tertinggi nasional karena sukses dijual sebanyak 400.000 eksemplar. Mulanya komik-komik di Jepang adalah peniruan dari film animasi dari Walt Disney maka para penggemar komik Jepang saat itu adalah anak-anak. Kemudian pada tahun 1959 mulai diterbitkan dua majalah mingguan untuk anak laki-laki yaitu Shonen Magazine dan Shonen Sunday. Saat itu hiburan untuk anak di Jepang hanyalah komik saja, belum ada anime dan tentu saja belum ada game komputer.

Sepuluh tahun kemudian, majalah komik untuk remaja mulai terbit, diantaranya yaitu Manga Action (1967), Young Comic (1967), Play Comic (1968), Big Comic (1967). Majalah-majalah tersebut sendiri biasanya mempunyai tebal berkisar antara 200 hingga 850 halaman. Beberapa manga cerita aslinya diangkat dari novel/visual novel, contohnya adalah “Basilisk” berdasarkan dari novel “Kouga Ninpouchou” oleh Futaro Yamada, ada juga yang diangkat dari segi sejarah, seperti sejarah Tiga Kerajaan (The Three Kingdom), Legenda Naga (Ryuuroden), dan sejarah-sejarah Jepang. Setelah beberapa lama, cerita-cerita dari majalah itu akan dikumpulkan dan dicetak dalam bentuk buku berukuran biasa, yang disebut “tankoubun” (volume). Dari bentuk tankoubon inilah manga biasanya diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa lain seperti Indonesia. Untuk beberapa judul bahkan telah/akan dibuat versi manusia atau Live Action (kadang disingkat sebagai L.A. di jepang). Ada juga sebagian judul dibuat kembali atau “remake” secara internasional oleh produsen di luar negara Jepang, seperti Amerika, yang membuat film Live Action Dragon Ball versi Hollywood.

najib 1najib 2

Perkembangan kebudayaan manga jepang ini seharusnya menjadi motivasi untuk generasi muda Indonesia,bisa dijadikan sebagai contoh,bahwa kebudayaan kita bias maju dan terkenal,mempunyai tempat dan pecinta didunia luar.kita bias melihat jepang dengan melakukan softdiplomasi melalui kebudayaannya telah berhasil mempengaruhi dunia.jika kita lihat ,diindonesia sekarang ini para masyarakatnya kurang atau belum bangga mempunyai kebudayaan yang unik,berbeda dengan jepang yang sangat menghargainya.apabila kebudayaan di Indonesia bisa dikembangkan seperti jepang bukan tidak mungkin kedepannya Indonesia akan menjadi Negara dengan kekuatan yang besar baik di bidang ekonomi,social,politik,militer dan budaya.

 

Advertisements