Tags

, ,

Nama : M. Aditya Wardhana

Nim : 1402045058

Prodi : Hubungan Internasional (A)

Matkul : Politik dan Pemerintahan Jepang

Japan in my eyes

Manga Naruto yang Terkenal di Dunia

Di Negara Jepang banyak sekali hal yang menarik, disini yang mau saya angkat adalah tentang Manga Naruto yang berasal dari Negara Jepang. Sebelum saya menjelaskan Manga Naruto lebih lanjut, pertama-tama saya akan menjelaskan Manga itu apa. Manga merupakan kata komik yang berasal dari bahasa Jepang. Di luar Jepang, kata tersebut khusus untuk membicarakan tentang komik-komik jepang, Manga itu komik buatan dari Negara Jepang yang tokohnya disebut dengan Artist atau Mangaka, Mangaka adalah orang yang menggambar manga.Tentu saja mangaka tidak bekerja sendiri saja, professional mangaka ditemani oleh Editor, Penulis, dan Asisten.

 Pertama saya akan menjelaskan pekerjaan Editor, Editor ini memberikan saran mengenai tata letak dan seni dari manga, memastikan kalau karya selesai sebelum tenggang waktu dan umumnya memeriksa kembali sehingga manganya atau komiknya tetap sesuai dengan standar perusahaan, dan editor ini bisa dianggap sebagai bos para mangaka dan pengawas produksi serinya. Kedua adalah Penulis, seorang mangaka bisa menulis dan menggambar seri atau ceritanya sendiri atau bisa juga bekerja sama dengan seorang penulis, Mangaka ini biasanya berpengaruh besar terhadap dialog bahkan akan sangat menarik jika dipasangkan dengan seorang Penulis. Dan yang terakhir adalah Asistenya, asisten ini yang membantu mereka untuk melengkapi pekerja mereka agar tepat waktu. Tugas-tugas asisten ini penuh dengan variasi walau istilah ini semua orang yang bekerja untuk studio art mangaka, tapi biasanya sering digunakan untuk merujuk seorang seniman yang kedua. Jumlah asisten juga bervariasi antara setiap mangaka, tapi biasanya paling sedikit ada tiga dan asisten biasanya bekerja melakukan inking, lettering, and shading untuk manga.

Sekarang Saya akan menjelaskan tentang manga Naruto, Naruto adalah sebuah serial manga yang dibuat oleh Masashi Kishimoto dan kemudian diadaptasi menjadi serial anime ini dikarenakan manganya banyak yang disukai oleh orang-orang di Negara Jepang tentu tidak hanya di Jepang saja, bahkan yang ada di seluruh dunia banyak fans-fans atau penggemar manga Naruto ini. Manga Naruto ini bercerita tentang seputar kehidupan tokoh utamanya itu ialah Uzumaki Naruto, seorang ninja yang hiperaktif, periang, dan ambisius yang ingin mewujudkan keinginannya untuk mendapatkan gelar Hokage, pemimpin dan ninja terkuat di desanya. Serial Manga ini didasarkan pada komik one-shot oleh Masashi Kishimoto yang diterbitkan dalam edisi Akamaru Jump pada Agustus 1997.

Manga Naruto ini pertama kali diterbitkan di Negara Jepang oleh Shueisha pada tahun 1999 dalam edisi ke-43 majalah Shonen Jump. Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Popularitas dan panjang serial Naruto sendiri (terutama di Jepang) menyaingi Manga  Dragon Ball yang dibuat oleh mangaka yang bernama Akira Toriyama, Serial Naruto menampilkan tokoh-tokoh buatan Masashi Kishimoto. Tokoh utama dalam seri ini adalah Uzumaki Naruto seorang anak yatim piatu dari desa Konoha, salah satu desa terkenal di dunia ninja. Naruto dikarakteristikkan sebagai seorang ninja yang penuh kejutan, bersemangat, ceria, hiperaktif, kikuk, lugu, dan ambisius dalam meraih cita-citanya untuk menjadi seorang Hokage, pemimpin dan ninja terkuat di Konoha. Seri ini juga melibatkan tokoh-tokoh fiktif lainnya seperti Uchiha Sasuke sebagai seorang keturunanklan Uchiha yang menjadi teman berarti bagi Naruto, Haruno Sakura sebagai teman satu tim yang disukai Naruto, Hatake Kakashi  sebagai seorang Jounin yang menjadi guru bagi Naruto, Sasuke, dan Sakura. Seri ini juga menampilkan organisasi fiktif, yaitu Akatsuki dan yang anggotanya merupakan para tokoh antagonis.

Cerita  ini dimulai dengan ketika seekor rubah ekor Sembilan atau yang biasa dipanggil dengan Kyuubi menyerang desa Konhagakure yang mengakibatkan banyak korban disana. Akan tetapi, ada seseorang ninja yang melenyapkan Kyuubi itu dengan menyegel sebagian chakra Kyuubi ketubuhnya sendiri dan tubuhnya Naruto. Orang ini dikenal dengan nama Namikaze Minato dia adalah Hokage ke-4 atau  bisa dipanggil dengan Yondaime Hokage yang tidak lain adalah ayah dari Naruto. Penyegelannya menggunakan jurus Dewa Kematian sehingga risikonya membuat ayahnya Naruto mati. Dua belas tahun kemudian, tersebutlah seorang anak bernama Uzumaki Naruto yang sering membuat onar di desa Konoha. Naruto melakukan hal itu karena menginginkan perhatian dari penduduk desa yang menjauhinya karena rubah di tubuhnya atau disebut sebagai wadah monster berekor atau Jinchuuriki. Naruto tidak mengetahui hal itu, karena Hokage ke-3 melarang penduduk desa Konoha menceritakan serangan Kyuubi tersebut. Cerita yang paling saya suka ini adalah ketika Sasuke keluar/kabur dari desa Konoha mencari kekuatan untuk bisa membalas dendam kepada seorang ninja yang bernama Uchiha Itachi saudara kakak kandungnya Sasuke. Itachi membunuh seluruh anggota keluarga Uchiha kecuali adiknya yang dibilangnya tidak berguna untuk dibunuh yang mengakibatkan Sasuke merasakan kebencian yang besar ke kakaknya sendiri dan kabur dari desa Konoha untuk mencari kekuatan.

Keempat ninja bunyi utusan Orochimaru, yaitu Tayuya, Sakon, Kidomaru, dan Jirobou datang ke Konoha untuk menjemput Sasuke ke tempat Orochimaru. Setelah diperintah Orochimaru pada malam hari, mereka bertemu Sasuke, terjadi pertarungan antara Sasuke dengan Tayuya, Sakon, Kidomaru, dan Jirobou. Setelah pertarungan itu, mereka mengajak Sasuke pergi dari Konoha. Mereka mengatakan tentang kekuatan yang akan diberikan Orochimaru, lalu Sasuke tertarik untuk pergi dengan berpikir bahwa dirinya harus menjadi lebih kuat agar dapat membunuh Itachi. Mereka menunggu Sasuke di luar desa pada malam harinya, Sasuke segera meninggalkan Konoha, namun sebelum itu Sakura bermaksud meyakinkan Sasuke untuk tidak pergi tetapi gagal. Pada keesokan paginya segera diketahui Tsunade dan segera memerintahkan Shikamaru untuk membuat tim untuk membawa pulang Sasuke. Setelah berkeliling Konoha tim terbentuk, tim terdiri dari Shikamaru, Chouji, Kiba, Naruto, dan Neji, pengejaran Sasuke dimulai. Pengejaran terhadap Sasuke ternyata tidak semudah yang mereka bayangkan. Keempat Ninja bunyi sudah siap menghadang Tim Shikamaru. Mereka adalah bawahan Orochimaru yang memiliki kekuatan sangat hebat dan sangat kuat. Dan pada akhirnya mereka melawan para ninja bunyi dengan taruhan nyawa. Naruto berniat membawa kembali Sasuke ke Konoha namun keduanya bertarung di Lembah Kematian Konoha, tempat pertarungan bersejarah antara Senju Hashirama (Hokage pertama) dan Uchiha Madara (mantan ketua klan Uchiha). Pertarungan ini dimenangkan oleh Sasuke dan Dia meninggalkan Naruto yang tergeletak di tanah. Setelah kejadian itu, Naruto masih ingin menyelamatkan Sasuke dan membawa dia pulang ke desa Konoha ini adalah janjinya seumur hidup dengan Sakura.

Cerita kedua yang Saya suka ini adalah saat-saat cerita terakhirnya Naruto melawan Sasuke, ini adalah pertarungan dimana Naruto yang masih ingin menyelamatkan Sasuke dari kebencian-kebenciannya di dunia Shinobi dan sedangkan Sasuke yang ingin membunuh Naruto karena dia adalah penghalang baginya untuk merubah seluruh dunia Shinobi ini. Pertarungan terakhir ini dimenangkan oleh Naruto dan Sasuke mengakui kekalahannya, Mereka berdua pada akhirnya berdamai. Setelah perang itu berakhir Kakashi gurunya Naruto menjadi Hokage ke-6 dan memaafkan Sasuke akan tetapi Sasuke tidak menetap di desa Konoha, dia memutuskan  mengembara untuk melihat dunia Shinobi yang telah diabaikannya untuk menebus kesalahan-kesalahan yang diperbuatnya. Beberapa tahun kemudian Kakashi pensiun dan digantikan oleh Naruto sebagai Hokage ke-7 dan Naruto akhirnya dikaruniai dua anak yang bernama Uzumaki Boruto dan Uzumaki Himawari.

Naruto adalah salah satu seri manga terlaris sepanjang masa yang telah mencetak lebih dari 130 juta kopi di Jepang. Diserialkan di majalah Viz Shonen Jump, Naruto telah menjadi salah satu manga terlaris. Baik manga maupun anime telah mencapai distribusi ke luar negeri yang luar biasa, yang diterbitkan di lebih dari dua puluh negara dan versi anime disiarkan di lebih dari enam puluh Negara. Sejak awal penerbitannya, Naruto telah memancing bermunculannya ribuan situs web penggemar yang berisi informasi rinci, panduan, dan forum internet tentang manga ini. Beberapa situs web terkenal muncul setelah versi Inggris diterbitkan pada bulan Agustus 2003. Selain itu, muncul pula situs-situs web yang menyediakan pindaian manga versi Jepang yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris maupun Indonesia yang dapat diunduh secara gratis.

adit 1   adit 2

Cover Manga Naruto Vol. 71 dan 72

Pembuat Manga Naruto:  Masashi Kishimoto

 

Advertisements