Tags

,

NAMA : NURLITA SHAFIRA

NIM     : 1402045019

KELAS  HI – A

TUGAS INDIVIDU PEMPOLIS

Saya bersama teman saya melakukan tugas kelompok dengan melakukan wawancara kepada mahasiswa fakultas perikanan dan ilmu kelautan dalam wawancara tersebut kami mewawancarai dengan tema “Apakah hijab sebagai ikon muslimah menjadi penghalang dalam mengekspresikan diri”. Tema ini kami ambil karena beberapa waktu lalu ada komikus yang mengetweet seperti ini gue lebih suka punya pacar yang pake baju minim dan pergi keclubing dari pada wanita yang pake hijab namun pergi kekonser dengan berteriak, nangis dan jingkrak – jingkrak kepada idola mereka.

Menurut saya sendiri perilaku tersebut sangat tidak bagus lah apalagi mereka yang mengidolakan artis – artis dari korea yang penggemarnya wanita semua, sifat mereka yang sampe nangis atau jingkrak – jingkrak itu kurang bagus seharusnya mereka melakukan nya dengan biasa aja. Saya juga pernah baca diartikel ada perempuan hijab yang rela dipeluk oleh artis idolanya padahal kan kalo dilihat itu kurang pantas apalagi ia adalah wanita muslim yang mengguna kan hijab. Menonton konser itu wajar aja asalkan dengan tidak berlebihan dalam mengekspresikannya, dalam islam sendiri aja kita diajarkan tdak untuk terlalu mengidolakan seseorang. Dan juga untuk wanita yang pergi keclub itu menurut saya kurang baik kerena tempat seperti itu hanya untuk kesenagan dunia saja, tetapi tidak semua orang beranggapan bahwa pergi ke club itu salah ada sebagian orang beranggapan kalo ke club itu untuk hiburan saja. Semua itu tergantung individu masing – masing apakah dia ingin melakukan itu apa tidak. Dan menurut saya juga penelitian yang saya lakukan dengan teman kelompok saya juga bermanfaat buat saya agar saya mengetahui mana yang baik untuk dilakukan atau tidak, saya juga berpendapat bahwa hijab tidak menggangu kita untuk mengekspresikan diri. Sebagai wanita muslim yang tidak menggunakan hijab saya merasa apa yang dilakukan oleh perempuan muslim untuk mengekspresikan diri mereka dalam bidang apapun tidak masalah asalkan itu tidak melanggar aturan – aturan ajaran agama islam. Contoh saja perempuan muslim ada yang menjadi penyayi, jaksa, pengacara, guru, dokter, dan sebagai nya yang lain. Rata – rata perempuan tersebut menggunakan symbol agama yaitu hijabnya dalam kehidupan sehari – hari dan melaksanakan tugas mereka. Dari pekerjaan tersebut kita tahu bahwa kalau hijab tidak melarang kita dalam beraktivitas apapun, dan hijab tidak bisa disamakan dengan akhlak seseorang. Mungkin ada juga yang menggunakan hijab tidak sesuai dengan ajaran agama islam yang baik dan benar tetapi mereka sudah berani menutup aurat mereka sedikit demi sedikit. Meskipun saya tidak menggunakan hijab tetapi saya berusaha untuk menjadi perempuan muslim yang baik dan selalu mengikuti ajaran islam yang sesungguhnya, dan saya juga berharap saya dapat menutup aurat saya yang seperti dilakukan oleh teman – teman saya, karena saya tahu kalo hijab adalah sesuatu yang wajib ditutupi oleh perempuan muslim. Terkait  melakukan wawancara ada yang menarik saat kami melakukan tugas tersebut yaitu banyak sekali mahasiswa yang tidak mau diwawancara alasanya yak arena kerjakan tugas ada yang mau buru – buru pulang dan lainnya. Tapi alhamdulillah dihari itu juga kami menemukan responden yang mau diajak untuk wawancara, jumlah responden yang kita dapat yaitu 50 orang.

Menurut saya melakukan wawancara dengan tema diatas sangat bagus dan respon saat kami melakukan cukup baik. Jawaban yang kami dapatkan juga tidak mengecewakan ada yang setuju ada juga yang tidak setuju dan juga ada yang menjawab dengan itu hak setiap orang dan kembalikan kepada individu nya. Dengan dilakukan nya tugas ini saya mendapatkan pengetahuan lebih dalam lagi tentang mengenai agama islam, dan juga saya saling sharing keteman – teman. Saya berharap tugas seperti ini ada lagi agar menambah wawasan pengetahuan saya, dan saling kerjasama antara sesame anggota agar tali silaturahmi tetap terjaga. Dengan mata kuliah pempolis ini saya menjadi mahasiswi yang selalu menaati aturan dan tidak mengikuti hal – hal yang dilarang oleh agama dan juga dimatakuliah ini saya dapat memahami islam dengan cara pandang dari pemikiran islam mengenai kehidupan modern ini. Dan juga dengan tema diatas kita juga banyak belajar mengenai tentang islam itu sender dalam memandang wanita pada saat ini. Diajaran islam sendiri menegaskan bahwasan wanita itu wajib menggunakan hijab agar dia terlindungi dari zinah, dan juga tidak membuat para lelaki tergoda. Dengan tema yang saya angkat tidak masalah jika wanita ingin mengekspresikan dirinya selama itu tidak menentang dan melanggar aturan islam out sendiri. Yang sudah saya jelaskan juga bahwa hijab tidak melarang kita untuk berekspresi bahkan dengan hijab banyak perempuan yang merasa itu salah satu dia berekpresi kan dirinya, apalagi dengan hijab mungkin kita terasa dilindungi baik secara luar maupun dalam. Meskipun juga ada sebagian pekerjaan yang melarang wanita berhijab bukan berarti kita tidak bisa bekerja, tetapi itu adalah sebuah motivasi agar kita bisa menjadi wanita yang banyak disegani oleh orang meskipun kita dianggap berlebihan dalam menggunakan hijab. Pada intinya hijab itu sendiri tidak melarang kita untuk mengekspresikan diri kita tetapi menjaga kita dalam berpakain dan menjadikan kita sebagai wanita yang sesungguhnya, dan kita akan selalu menjadi wanita yang indah dipandang dengan menggunakan hijab. Dalam mengekspreiskan diri juga kita sebaiknya mencari hal yang lebih positif yang mempermudah kita melakukan sesuatu dan juga wanita yang cantik di dalam dirinya bukan hanya dari kecantikan wajah semata, sesungguhnya wanita kan lebih terlihat cantik yang berasla dari dalam jiwa nya bukan dari luar saja, jika kecantikan wanita sudah ada dalam dirinya maka kecantikan wajah akan hadir dengan sendirinya. Saya juga mengingkan agar wanita muslim dipandang sebagai wanita yang bermartabat dimata dunia dan juga dengan menggunakan hijab kitya tidak dipandang rendah oleh orang lain justru tugas kita untuk menjadikan hijab sebgai style berpakain kita yang baik tanpa membuka aurat sedikit pun dan kita juga tunjukan kepada semua orang hijab bukan yang mengekang kita dalam melakukan apa pun justru dengan hijab kita lebih percaya diri.

Dan kesimpulan dari semua ini hiajab bukan lah pembatas kita untuk berekspresi melainkan hijab merupakan cara kita untuk menutup aurat dari pandangan orang lain dan menjaga kita dari hal – hal yang bersifat zinah dan menjadikan kita sebagai wanita yang sesun gguhnya dan juga menjadikan kita sebagai wanita muslim yang terpandang dan disegani karena kita bisa menutup aurat yang pada saat zaman modern cara berpakain wanita tidaklah baik. Sebagai wanita muslim yang sholehah kita harus menjadikan hijab salah satu hal yang harus kita jaga dan kita inginkan, bukan hal yang mengurung kita untuk melakukan sesuatu tetapi membantu kita dalam melakukan sesuatu.

Advertisements