Tags

, ,

Nama               : Qintamani Istighfarin Qadr

NIM                : 1402045018

Mata Kuliah    : Pemerintahan dan Politik Jepang.

            JEPANG DI MATAKU

            Jepang, Siapa yang tidak mengenal Jepang? Sebuah negara yang disebut sebagai Macan Asia. Negara dengan tekhnologi super duper canggih, dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi, harapan hidup tertinggi, tempat dengan wisata dan alam yang mempesona. Tidak lupa dengan kebudayaan dari setiap masyarakatnya yang patut dicontoh, salah satunya adalah “Budaya Malu”. Jepang, salah satu negara yang masuk kedalam negara impian saya. Salah satu negara yang masuk di dalam list “Negara yang Harus Dikunjungi”. Tentu saja, siapa yang tidak ingin ke Jepang?

Jepang memiliki ribuan tempat wisata yang dapat memanjakan mata setiap manusia, Jepang juga memiliki makanan yang dapat memanjakan lidah kita, belum lagi alunan-alunan suara dari musik Khas jepang dan juga bau aroma Jepang seperti bau Green Tea dan bunga Sakuranya. Semua indra kita dimanjakan oleh Negara ini. Setiap orang memiliki caranya tersendiri dalam mengenal negara ini. Ada yang dari J-Pop (Musik Pop Jepang), Anime, Politiknya, Budaya, Makanan dan lain-lain.

Baiklah, saya ingin menjelaskan tentang jepang dimata saya dari seluruh aspeknya. J-Pop terdahulu, sebelumnya saya tidak terlalu mengenal J-Pop namun dari hal yang saya tahu, J-Pop termasuk di dalam salah satu musik yang paling digemari di dunia (Setelah Western dan K-Pop). Lagu-lagu dari Jepang sangat menyentuh hati banyak orang, banyak yang mengatakan bahwa hampir semua lagu Jepang memiliki lirik yang indah dan selalu memiliki arti tersendiri, sangat dalam. Memang terkadang membicarakan soal cinta, namun tetap saja didalamnya terdapat kalimat yang kadang membuat kita terhenyak. Seperti salah satu lagu dari girlgroup asal Jepang, yaitu AKB48 yang mengatakan ‘impian ada di tengah pelu bagai bunga yang mekar secara perlahan’ yang berarti artinya adalah, ‘jika kita semakin percaya akan kekuatan mimpi dan usaha keras itu tidak akan mengkhianati hasil yang kita dapat’ . dan terkadang banyak dari musik Jepang itu tidak meninggalkan esensi Tradisional dari lagu-lagu mereka, seperti tetap memasuki alunan khas dari alat musik jepang. Apalagi, Jepang merupakan salah satu pemasaran musik terbaik, hampir semua pemusik di Korea Selatan bahkan Barat, mengkomposerkan lagu mereka menjadi versi Jepang, maksudnya adalah seperti, membuat lagu-lagu mereka menjadi versi Jepang. Agar mereka bisa debut di Jepang. Seperti halnya yang kita tahu, media entertainment di Jepang sangatlah baik dan dapat menunjang karir mereka, dan alasan kenapa mereka merubahnya menjadi bahasa Jepang karena kebanyakan negara-negara di dunia khususnya di Asia, pasti mempelajari Bahasa Jepang, selain Bahasa Mandarin. Dan bisa dikatakan bahwasannya Jepang menjadi gerbang pembuka mereka untuk lebih berkiprah di dunia Internasional, sebelum menuju ke Barat. Ini juga di dukung oleh kehebatannya Jepang dalam menarik perhatian di dunia Internasional. Jepang terkenal dapat dengan mudah menarik investor dan juga penikmat musik ke dalam negaranya, karena Jepang merupakan salah satu Negara Adi Daya. Juga dalam bidang Dorama (Drama Jepang) dan Anime. Jepang sangat pintar dan selektif dalam bidang ini. Jepang tidak hanya dengan gampang mendebutkan aktris/aktor mereka. Jepang sangat ketat dalam menentukan siapa yang dapat Debut, makanya setiap beberapa Dorama atau Film di Jepang, tidak jarang kita mendapatkannya dengan Bintang yang itu-itu saja. Karena disini, Jepang tidak ingin hanya mendebutkan bintang yang sekedar ingin tenanr, tentu saja dengan bakat yang pasti, dapat dilihat dengan beberapa film Jepang yang sukses masuk ke dalam Box Office dan juga beberapa film barat yang ingin bekerja sama dengan Film Jepang.

Didalam film-film Jepang itu sendiri pun, Jepang tidak jarang selalu memberikan kita suguhan yang menarik dan menyenangkan. Mereka selalu memberikan kesan dan pesan tersediri di dalam Film/Dorama yang mereka berikan. Disisi lain, mari kita berbicara tentang Anime. Atau bisa disebut, Animasi yang berasal dari Jepang ini begitu banyak menarik perhatian Masyarakat di dalam maupun diluar Jepang itu sendiri. Lantasnya, di Indonesia sendiri dan dari saya sendiri dari kecil saja kita sudah disuguhi dan di tontonkan dengan kartu Jepang, seperti Doraemon, Chibi Marukochan, Sinchan, Crayon Shinchan, dan masih banyak lain. Namun percaya atau tidak, bahkan di dalam Kartunnya sendiri banyak memberikan pesan juga, dan mengembangkan imajinasi anak untuk lebih berimajinasi. Ya memang, kelebihan imajinasi juga tidak baik, namun karena kartun jepanglah saya jadi lebih meilih untuk duduk dan menyetel tv daripada berjalan keluar untuk berbelanja atau bermain gadget pada hari Minggu. Di dalam Kartun Jepang pun terkadang saya tidak habis pikir karena, mereka memasukkan Lagu-lagu yang menarik dan menjadi ciri khas dari kartun tersebut. Setiap Anime di Jepang juga mempunyai banyak lagu tersendiri. Seperti Naruto dan One Piece, Detective Conan dan sebagainya. Mereka memberikan Lagu yang dapat membuat anak-anak semaki ingat dan tidak lupa akan Jepang.

“Hey Baling-Baling Bambu!” Siapa yang tidak mengetahui bahwa ini dipopulerkan oleh Doraemon? Dan siapa yang tidak mengenal lelaki nakal berambut kuning yang merupakan utusan dari siluman rubah berekor 9 atau bisa di sapa, Naruto? Bahkan banyak perusahaan Asing yang menarik Animasi-Animasi tersebut untuk menjadi model utama produk mereka. lihat dari sini saja, Jepang sudah kelihatan bukan kecerdasannya di dalam mengatur pemasaran dan penyebarluasannya?

Setelah membicarakan tentang Animenya pasti juga tidak luput dari Tekhnologinya, bagaimana sih Jepang bisa menjadi seterkenal ini ? tidka mungkin kan Doraemon akan datang begitu saja? Doraemonn merupakan salah satu tokoh yang diciptakan oleh Fujiko F Fujio lalu di implementasikan dengan tekhnologi yang canngih dan menjadilah Kartun yang di gemari banyak anak-anak dari kalangan yang balita, muda, remaja sampai yang tua sekalipun. Yah, semuanya karena Tekhnologi, Jepang berhasil maju seperti ini karena Tekhnologinya yang Maju juga. Tekhnologi di Jepang tidak dapat dipungkiri lagi, Jepang memiliki Kereta tercepat nomor 1 di dunia, ia bahkan menjadi salah satu pembuat mobil dan motor terbanyak di dunia. Siapa yang tidak kenal Mistsubishi? Toyota? Daihatsu? Yamaha? Honda? Kawasaki? Semua itu selalu berkelimpungan di dunia kita bukan? Setiap di jalan pasti kita melihat merek tersebut, tidak usah di jalan. Mungkin Kita sendiri mempunyainya bukan? Tekhnologi di Jepang selalu saja melakukan inovasi-inovasi terkemuka, yang kadang itu yang menjadi alasan kenapa Jepang menjadi negara maju. Dan kadang, secara tanpa kita sadari, kita hidup ditengah-tengah dan dibantu oleh banyak penemuan dari tekhnologi Jepang. Almarhum Ayah saya pernah berkata, orang yang sukses orang yang maju, itu adalah orang yang mampu terus berinovasi, yang kreatif dan tidak takut akan perbedaan dan kegagalan. Yah, sekarang saya dapat membuktikan omongan Ayah saya dari yang saya dapatkan di Jepang. Jepang dapat menjadi negara yang Maju karena masyarakat di Jepang yang selalu berinovasi dan kreatif. Mereka selalu mencoba hal yang baru dan tidak pernah takut akan kegagalan. Karena kegagalan itu pasti. Setelah kita membicarakan Tekhnologi di Jepang pasti Tekhnologi pun tidak jalan dengan sendirinya, semuanya di lakukan dengan Sumber Daya Manusianya. Jepang memiliki Sumber Daya Manusia yang baik dan disiplin.

Jujur, saya sangat ingin sekali belajar dari “Budaya Malu”nya Jepang, mereka selalu Malu dalam menghadapi apapun, malu akan keterlambatan, malu buang sampah, malu berteriak kepada orang tua, malu menyakiti anak kecil. Seperti itu, saya bahkan tersentak dengan artikel yang mengatakan bahwa salah satu kondektur dari Kereta Api Express di Jepang berjalan ke kereta dan meminta maaf atas keterlambatan 5 menit keberangkatan keretanya, ia berjalan dan menundukan badanna untuk meminta maaf. Hanya 5 menit. Mereka bahkan memberikan surat kompensasi. Lihat, betapa kerennya mereka. dan juga berita dimana salah satu Perdana Menteri Jepang yang mengundurkan diri karena merasa tidak berkonstribusi di dalam kepemerintahan, dan merasa tidak menepati janji di kampanye. Ia mengundurkan diri karena malu. Hebat bukan? Sistem sebuah negara bahkan dapat mengubah perilaku hidup masyarakatnya. Dapat dilihat di Jepang ini, pantas saja ia bersih dari Korupsi. Sangat bertolak belakang dari negara kita bukan ? say ajuga sangat menyukai budaya berjalan kaki mereka. Wow, seperti yang kit atahu Jepang ini merupakan salah satu negara yang memberikan Ekspor terbesar dalam hal transportasi dan masyarakat mereka malahan memakain budaya berjalan kaki, dengan alasan polusi udara. Dan juga tidak jarang dari mereka masih memakai sepeda. Sangat mengagumkan.

Dalam bidang makanan pun, Jepang menyuguhkan makanan-makanan yang tidak hanya lezat. Namun juga sehat. Coba kita cari apakah Khasiat dari Teh Hijau itu sendiri ? banyak bukan ? dan Sushi, merupakan makanan khas jepang yang mendunia, cari diman atempat kita tidak menemukan Sushi? Semua orang menyukai Sushi. Dan juga Sushi memberikan kita banyak manfaat di dalamnya, begitu juga Ramen dan semacamnya.

Lalu, jepang di aspek Wisata dan Alamnya? Tidak usah ditanyakan, seperti yang kit atahu, masyarakatnya yang rapih dan disiplin itu bahkan takut menggunakan transportasi karen atkut mencemari udara. Bahkan saya pernah membaca artikel bahwa bahkan sebuah banjir di Jepang, warna airnya saja putih dan bening, bahkan ad aikan yang lewat. Sungguh bersih dan masyarakatnya pun menjaga itu dengan baik. Bagaimana dengan wisata alam di Jepang? Jangan ditanyakan, saya bahkan tidak dapat memberikannya dengan kata-kata. Dan bagaimana dengan wisata lainnya? Saya memiliki cita-cita, bahwa jika saya memiliki anak. Saya ingin membawanya ke Jepang, karena Jepang terkenal dengan ‘Dunia Anak’ Jepang memiliki banyak sekali tempat untuk anak-anak yang sangat bagus untuk di datangi. Disney Land, Lego Land, Doraemon World dan masih banyak lagi. Karena Jepang merupakan salah satu pabrik terbaik dalam pembuatan mainan, ya Tekhnologi lagi. Dalam hal Pendidikan pun, Jepang merupakan salah satu negara dengan banyaknya Mahasiswa Asing. Yah, banyak sekali mahasiswa dari berbagai belahan dunia berlomba untuk belajar di Jepang, karen akemajuan tekhnologi dan kedisiplinannya lah Jepang banyak di kunjungi dan menjadi tujuan utama dalam menuntut ilmu.

Namun siapa sangka bahwa menuntut Ilmu di Jepang tidaklah mudah, yang pernah saya dengan. Kebanyakan masyarakat di Jepang itu masih rasis, mereka snagat menjungjung tinggi rasa nasionalisme. Jadi mereka akan sangat berbeda dengan masyarakat asing yang tidak menggunakan bahasa Jepang. Jadi jika ingin menuntut ilmu di jepang, kita harus memperdalami bahasanya terlebih dahulu agar dapat dengan mudah berkomunikasi dengan masyarakat Jepang. Maka dari itu di beberapa lambar pendaftaran Beasiswa Jepang pasti mencantumkan kalimat, ‘dapat berkomunikasi dalam bahasa Jepang’. Jepang memiliki banyak keunikan dan juga kehebatan maka dari itu ia bisa menjadi salah satu negara Adi Daya. Namun kita tidak bisa menutup mata bahsa suatu saat Indonesia bisa menjadi seperti itu juga. Jepang menjadi negara seperti sekarang awalnya juga karena kesadaran dari masyarakatnya sendiri. Sebagai masyarakat Indonesia, kita harus sadar akan hal terkecil yang akan membantu negara kita menjadi negara yang lebih baik kedepannya. J

ina 1

Ini adalah pemandangan saat Bunga Sakura bermekaran di Jepang

ina 2

Bagaimana tertibnya Masyarakat Jepang dalam Mengantri

 

Advertisements