Tags

,

Nama               : Firanty Maulidani Ansori

Nim                 : 1402045007

Mata Kuliah    : Politik dan Pemerintahan Japan ( Paper Japan Di Mataku )

Prodi               : Hubungan Internasional  A

Sehabis melakukan Festival Japan yang dilaksanakan pada tanggal 30 Maret – 1 April Di Perpustakaan Universitas Mulawarman. saya ingin menceritakan dan berbagi cerita sedikit tentang japan menurut saya. Dalam Bahasa Japan, Japan disebut Nippon atau Nihon yang berarti negeri matahari terbit. Negara Japan, adalah Negara Kepulauan di Asia timur. Japan sebagian daerahnya adalah pegunungan. Japan adalah salah satu Negara favorite saya. Bagi saya untuk membangun Indonesia supaya menjadi Negara maju dan juga tidak ketinggalan dan  saya  ingin juga  mengetahui dunia  dan mempelajari sistem yang mereka terapkan adalah dengan cara mengunjungi Negara maju baik dari sisi IPTEK dan SDM yang dimiliki salah satunya yaitu Japan.

 Japan adalah  salah satu Negara Maju di Asia Timur.  Japan  adalah Negara pertumbuhan ekonomi terbesar dan tercepat kedua setelah Amerika Serikat. Seperti halnya negara-negara maju lainnya, kemajuan Jepang didukung oleh beberapa faktor, antara lain kemajuan dibidang pendidikan, teknologi, ekonomi, industri, kesehatan, dan sumber daya manusianya. Kenapa disana bisa maju? Karena  disana orang-orangnya tingkat kedisiplinan kejujuran serta pola hidup terartur sangat tinggi dan juga sangat berani untuk menciptakan hal-hal baru buat di eksplor  keluar Japan lalu Mereka berani untuk gagal dan juga terus berinovasi. Dan bagi Warga Japan, waktu adalah uang dan mereka jarang membuang-buang waktu untuk hal yang tidak bermanfaat. Terus yang saya tau tentang Japan adalah negaranya bersih dan bebas sampah. Warga dan pemerintahnya bekerja sama dengan baik dalam pengelolaan sampah  sehingga japan dapat dijuluki juga sebagai Negara bersih.

 Nah masuk pada intinya, saya akan mengangkat kenapa Negara japan bisa menjadi Negara maju melalui sektor teknologinya. Japan menguatkan teknologi dasar untuk menghasilkan inovasi. Teknologi dasar tersebut diantaranya berasal dari warisan leluhur mereka yang dikembangkan sendiri. Selain itu, pemerintah juga melebarkan kesempatan berbinis dengan melibatkan perusahaan kecil dan menengah yang punya keunggulan penguasaan teknologi dasar dan kreatifitas yang tinggi. Di bidang teknologi, Jepang sudah selangkah lebih maju jika dibandingkan dengan negara-negara maju maupun negara-negara berkembang lainnya. Pada masa sekarang, tentunya perkembangan teknologi Jepang jauh lebih maju lagi. Kenapa saya tertarik untuk membahas  teknologinya? Karena saya penyuka teknologi di japan. selain itu dengan mudahnya menjumpai berbagai jenis barang atau peralatan produksi Jepang dalam kehidupan sehari-hari kita. Berbagai jenis barang atau peralatan tersebut merupakan hasil dari perkembangan teknologi. Berbagai jenis barang itu antara lain perangkat komputer dan laptop dengan merk Toshiba dan Sony Vaio, televisi, handphone, kipas angin , kulkas, dan ricecooker. Sedangkan dibidang otomotif seperti mobil dan motor dengan merk Suzuki, Toyota, Daihatsu, Yamaha, dan Honda diperkenalkan kepada berbagai negara.  Teknologi mereka ini salah satu yang menyebabkan ekonomi japan sangat maju.

Japan adalah Negara peniru yang handal. Seperti dulu mereka belajar tentang mobil ford asal amerika, setelah mereka mengetahuinya mereka ciptakan lagi mobil buatan mereka dengan merek yang berbeda dan juga harga terjangkau sehingga mobil-mobil mereka terkenal diberbagai Negara. Walaupun Mereka penghasil teknologi yang maju namun mereka tidak terlalu menggunakan teknologi di negara mereka sendiri. Menurut saya menarik ketika di japan banyak melahirkan ilmuwan-ilmuwan maju yang menciptakan teknologi yang menganggumkan dan Pemerintah japan memberikan dukungan terhadap hal-hal yang menyangkut dalam pengembangan teknologi dikalangan remaja.  Pemerintahan Japan merancang sistem pendidikan yang menghasilkan teknisi handal untk mengembangkan inovasi teknologi di negaranya. Misalnya dari anak-anak sudah diarahkan ke bakat minat yang telah mereka punya sehingga setelah mereka remaja, mereka bisa mengembangkan teknologi-teknologi terbaru. Dengan mendirikan Kouto Senmon Gakko yang disingkat dengan konsen atau sejenis smk dan belajarnya kurang lebih selama 5 tahun mereka diberi bimbingan dan support untuk mengembangkan teknologinya.

Teknologi buatan japan yang menjadi favorite saya adalah robot, animasi serta alat komunikasi dan juga alat transportasi. Contohnya Mereka menciptakan robot seperti manusia yang mempunyai fungsi seperti manusia dan juga untuk meringankan tugas serta aktifitas sehari-hari manusia. Ada juga mereka ciptakan robot luar angkasa yang bernama JAXA dan itu robot pertama kali yang akan dikirim keluar angkasa yaitu robot humanoid pada tahun 2015, yang lebih canggih mengalahkan robot buatan amerika serikat. Lalu ada juga teknologi pembuatan tokoh-tokoh kartun dan animasi  yang  sangat terkenal di dunia seperti doraemon, shincan juga salah satunya berasal dari buatan tangan-tangan warga japan. Dan juga produk alat komunikasi yaitu Hp Sonny yang selama beberapa tahun ini menemani hidup-hidup saya. Hampir 4 tahun saya pake hape sonny terbukti barang buatan mereka kuat dan berkualitas tinggi. Dan juga saya menggunakan transportasi buatan japan yaitu suzuki dan terbukti juga buatan mereka kuat dan bertahan sampai sekarang. Saat ini japan adalah negara yang mempunya teknologi hybird paling unggul dan konsep kendaraan yang paling canggih. Bahkan Japan berhasil menciptakan mobil ramah lingkungan yang tidak menggunakan bbm dan lebih irit pastinya.

Teknologi otomatif tidak perlu diragukan lagi kalau buatan japan. Itulah kenapa teknologi buatan japan sangat mendominasi perdangangan di berbagai negara. Mereka sangat kreatif, inovatif, tekun dan juga sangat ulet untuk menciptakan hal-hal yang menarik. dari hal-hal tersebut mereka bisa memperkenalkan japan di mata dunia, dan japan semakin menjadi Negara maju. Berdasarkan beberapa penemuan oleh Bangsa Jepang tersebut merupakan bukti bahwa Jepang telah memberikan banyak kontribusi dalam perkembangan teknologi dunia. Dibandingkan dengan china, barang buatan japan jauh lebih bagus dan bertahan lama dibandingkan china walaupun harga barang di china lebih murah dan japan standar harganya, namun secara kualitas produk buatan japan lebih baik. Siapa yang tidak mengenal japan? Negara yang dijuluki Negara seribu sakura yang menawan ini juga memiliki pertanian yang terbaik juga loh. Selain Sebagai negara dengan budaya teknologi yang tinggi, Japan menerapkan juga untuk bidang pertaniannya. Di bidang pertanian juga menggunakan teknologi namun tetap ramah terhadap lingkungan. Contohnya adalah mesin tanam bibit padi dari japan ini metode nya adalah bergerak sendiri dan dioperasikan dengan cari di tuntun. Japan juga negara pertama yang memproduksi yang mampu mengubah air laut menjadi air minum. Hmm indonesia di banding di japan sangat jauh berbeda. Mulai dari sistem pendidikannya. Kalau di indonesia dipaksa untuk mempelajari semua mata pelajaran setiap hari, namun kalau dijapan sistem pelajarannya di arahkan ke minat bakat mereka sehingga mereka lebih fokus kebidang-bidangnya.

Dan di Japan jarang terjadi tindak korupsi sehingga uang mereka diberdayakan ke mereka sendiri  namun kalau kita bandingkan di Indonesia uang rakyat malah masuk ke kantong pribadi. Budaya malu dan rasa tanggung jawab mereka sangat tinggi sehingga pejabat mereka jujur dan adil dalam masalah keuangan di japan. Itu juga yang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan teknologi di Indonesia tidak bisa berkembang seperti Japan. Harus mempelajari bagaimana tekun, uletnya orang-orang japan mempunyai rasa pantang menyerah kalau gagal coba lagi. Rata-rata pesimis adalah ciri-ciri Negara berkembang yang dimana masyarakat nya masih belum optimis dan pantang menyerah itu yang dialami Indonesia. Pemerintah Indonesia bisa saja mengirimkan remaja yang mempunyai bakat minat dan juga tertarik untuk belajar tentang teknologi di Japan, terus kembali ke Indonesia menciptakan teknologi yang bisa mengenalkan Indonesia ke berbagai Negara dan juga pastinya meningkatkan taraf ekonomi, taraf hidup dan juga mengurangi angka pengangguran yang terjadi di Indonesia. Kalau perlu pemerintah menyediakan wadah untuk warganya bukan hanya remaja untuk mengembangkan teknologi Made In Indonesia sendiri. Namun di Indonesia sendiri beberapa waktu lalu ada yang berhasil menciptakan televise namun telivisi nya tidak diakui oleh pemerintah, dan ada juga mobil listrik buatan anak-anak smk yang sampai sekarang masih tidak jelas nasibnya, itu harus diperdulikan kalau Indonesia ingin membuat made in Indonesia itu sendiri. Jangan sampai mereka yang menciptakan teknologi-teknologi tersebut malah pergi ke Negara lain karena tidak merasa di hargai.

Inti dari Paper diatas adalah bahwa orang-orang di Japan sangat fokus dan bertanggung jawab atas bidang yang ditekuni nya. Kemajuan teknologi di Japan yaitu orang-orangnya memiliki rasa percaya diri, ulet serta pantang menyerah dan juga sering berinovasi terhadap karya-karya yang dibuat mereka. Jika gagal mereka akan coba lagi sampai berhasil. Jadi jangan remehkan Orang-orang di Japan walaupun mata sipit tapi otaknya luar biasa. Sekian dan terima kasih.

Laptop Vaio Buatan Japan                                                     Handphone Sony Buatan Japan

firanty 1                                          firanty 2

Mobil Hybrid buatan Japan tanpa BBM

firanty 3

Tokoh Animasi buatan Japan

firanty 4

Advertisements