Tags

, ,

Nama               ; Maretiana Dwi Ariani

Nim                 ; 1402045040

Program Studi : Hubungan Internasional

Mata Kuliah    : Politik dan pemerintahan di Jepang

TAKOYAKI DAN OKONOMIYAKI

 TAKOYAKI

Takoyaki adalah makanan khas di daerah Osaka, Jepang. Bentuk takoyaki bulat-bulat kecil berdiameter 3-5 centimeter. Bahan dasarnya yaitu tepung terigu yang isinya adalah potongan gurita. Takoyaki biasanya dijadikan jajanan dan dijual di pinggir jalan, dan jual biasanya 1 set berisi 5 – 10 biji dan diletakkan dalam plastik bentuk perahu.

            Sejarah takoyaki ini berawal dari jaman Taisho, yang merupakan salah satu nama jaman pemerintahan Kaisar Jepang. Saat itu hanya bisa menemukan makanan yang namanya Choboyaki. Bahan dasarnya adalah tepung terigu yang diisi dengan konnyaku. Konnyaku adalah tumbuhan tahunan yang tumbuh dari umbi besar yang berdiameter 25cm. Setelah itu Choboyaki sedikit diubah menjadi Rajioyaki, yang isinya urat api atau bahan-bahan lainnya.

            Kemudian pada tahun 1933, ada sebuah kios bernama Aizuya menjual Nikuyaki. Nikuyaki adalah modifikasi dari Choboyaki, hanya saja perbedaanya pada isinya. Jika Choboyaki berisi urat sapi, Nikuyaki berisi daging sapi. Kemudian pada tahun 1935, Aizuya mulai mencoba menu baru dengan memasukkan gurita dan telur ke dalam Nikuyaki, yang akhirnya kita kenal sekarang dengan takoyaki.

            Saat ini takoyaki merupakan makanan/jajanan yang popular di  Jepang. Denan harga yang terjangkau, banyak orang Jepang yang menyukai makanan ini. Takoyaki biasanya sering dijadikan lauk untuk dimakan bersama nasi putih. Wajan untuk membuat takoyaki biasanya berbentuk bulat-bulat kecil. Bahkan wajan untuk membuat takoyaki ini biasanya dijadikan hadiah untuk pengantin baru.

Untuk menemukan jajanan ini, biasanya ada saat acara-acara besar/event besar. Bisa juga ditemukan di toko-toko jajanan anak-anak sekolahan. Selain itu juga, takoyaki dijual di pasar kaget (yatai) sewaktu hatsumode (kunjungan pertama ke kuil pada awal tahun baru) Takoyaki sangat enak saat dimakan dalam keadaan panas. Ada beberapa jenis takoyaki, yaitu takoyaki polos, takoyaki saus, dan kecap asin. Untuk yang polos biasanya dinikmati dengan garam kasar, yang saus biasanya menggunakan saos mayones, aonori, dan katshuobushi. Karena takoyaki ini berasal dari Jepang, Osaka ditetapkan sebgai [usatnya makanan tradisional takoyaki.

Saking populernya, jajanan ini wajib dicoba ketika ingin mengunjungi Jepang terutama Osaka, yang merupakan pusatnya takoyaki ini.

OKONOMIYAKI                                                                                                                                          Okonomiyaki adalah makanan asal Jepang yang bahan dasarnya adalah tepung terigu yang biasanya dicampur dengan air berisi sayuran, daging, dll, dipanggang  di atas plat besi lalu diolesi saus diatasnya.

Untuk asal usul dari okonomiyaki ini sebenarnya tidaklah terlalu jelas. Menurut cerita yang berear, okonomiyaki diciptakan oleh pelaut Jepang yang mengaduk-ngaduk tepung terigu karena ingin memakan pizza seperti yang dia makan di Italia. Asal-ul nama Okonomiyaki ini dalam bahasa Jepang, okonom berarti suka-suka tau kesukaan, sedangkan yaki berarti panggang.

Untuk okonomiyaki, ada 2 cara, yaitu ala Kansai dan ala Hiroshima. Untuk ala Kansai, biasanya menggunakan sayuran kol yang dicampur dengan adonan yang lain. Dan juga menggunakan saus kenal dan lengket. Namun para pejual juga biasanya menggunakan mayonnaise untuk membuat rasanya menjadi semakin enak.untuk okonomiyaki ala Hiroshima berbeda dengan ala Kansai. Sayur kol tidak dicampur ke dalam adonan, tapi hanya ditabur di atas adonan ketika digoreng.

Dan untuk saus ala Hiroshima tidak sekental Kansai. Selain itu mereka tidak menggunakan mayonnaise, karena dianggap bisa merusak rasa asli dari okonomiyaki tersebut. Untuk makan okonomiyaki akan lebih enak jika dimakan bersama sake (minuman keras khas Jepang). Okonomiyaki memiliki gizi yang cukup tinggi karena bahan-bahan yang digunakan seperti kubis, wortel, ikan, dll. Untuk luar okonomiyaki, kita bsa menambah daging babi, sapi, cumi, bahkan keju parut.

Takoyaki dan okonomiyaki sama-sama makanan yang berasal dari daerah Kansai, Osaka, Jepang. Keduanya juga sama-sama merupakan makanan tradisional Jepang yang sangat digemari di Jepang terutama daerah asal mereka diciptakan, Osaka. Bagi para wisatawan, wajib rasanya untuk mencoba okonomiyaki maupun takoyaki. Dengan harga yang terjamgkau, kedua makanan inipun sukses menjadi salah satu makanan favorite orang-orang Jepang maupun para wisatawan yang berkunjung ke Jepang. Bahkan takoyaki dan okonomiyaki ini merupakan makanan yang juga populer di luar Jepang, seperti Indonesia.

Untuk perbedaan antara takoyaki dan okonomiyaki, takoyaki tidak dipanggang melainkan sepert direbus di wajan yang berbenruk bulatan-bulatan kecil, sedangkan okonomiyaki dipanggang. Dan toping okonomiyaki ini bisa kita request sesuai dengan selera kta sendiri. Dan untuk takoyaki pun, ada beberapa jenis yng membuat rasanya berbeda, seperti takoyaki polos,  kecap asin, maupun menggunakan saos seperti mayonnaise.

Jika dilihat dari cara pembuatan okonomiyaki maupun takoyaki, Jepang menggunakan beberapa jenis rempah-rempah. Dari bahan-bahan  masakan, Jepang banyak terinsipirasi dari beberapa negara. Untuk cara memasak, misalkan saja mengolah makanan  dengan menggoreng atau memanggang, Jepang terinsirasi dari negara Korea dan Tiongkok. Dan untuk masakan-masakan Jepang, banyak terinspiras dari Tiongkok. Selain itu, masakan-masakan Jepang ini banyak terpengaruh dari Barat, seperti masakan-masakan  dari Eropa. Mengapa terinspirasi dari Barat? Karena saat itu banyak orang-orang Jepang sering kontak dengan orang asing. Daging menjadi salah satu bahan makanan yang digunakan untuk membuat masakan Jepang. Saat ini pun restoran Jepang sudah mendominasi di berbagai dunia, salah satunya Indonesia. Berbagai masakan tradisional Jepang sukses membuat banyak orang menyukainya.

TAKOYAKI

maret 1

OKONOMIYAKI

maret 2

Advertisements