Tags

, ,

Nama   : Randa Nur Pratama

NIM      : 1402045035

Prodi/kelas : Hubungan Internasional / A

 

Sushi adalah makanan khas jepang yang populer diseluruh penjuru dunia dan hampir semua kalangan suka dengan makanan khas jepang ini. Di Negara selain jepang, sushi berkembang secara unik dimana menunjukan budaya makanan Negara itu tersendiri, seperti sushi dengan alpukat, keju, udang goreng, ayam balado, rending, cumi dan lain-lain di dalamnya sebagai isian cumi. Saat ini, di luar negeri pun sushi sudah dapat dinikmati di sushibar atau restoran jepang.

Jika kita ingin berpegian ke Negara jepang pasti pikiran pertaa kita selain untuk berkeliling mengunjungi tempat-tempat menarik dijepang, wisata kuliner pasti menjadi tujuanyang menyenangkan dan sushi pasti terlintas dikepala kita untuk mencicipi makanan khas ini untuk pertama kali dinegara asalnya. Di jepang kita dapat menyesuaikan dengan anggaran biaya yang kita miliki, karena ada bermacam-macam tempat makan sushi. Selain ada restoran sushi tradisional dimana kita bisa memesan sushi pilihan kita didepan konter lalu koki sushi akan membuat sushinya dihadapan kita, bisa menjadi hiburan dan sekaligus pembelajaran buat kita untuk tau teknik pembuatan sushi dinegara aslinya. Selain restoran sushi tradisional tersebut, masih ada restoran sushi yang menunya berputar mengelilingi kita, dan ada pula restoran sushi yang khusus untuk menyediakan untuk dibawa pulang.

Isian sushi yang umumnya adalah :

  1. Chutoro (bagian perut ikan tuna yang mengandung minyak dalam jumlah sedang )
  2. ikan salmon
  3. negitoro
  4. telur ikan salmon
  5. landak laut
  6. otoro (bagian perut ikan tuna yang mengandung minyak dalam jumlah banyak)
  7. belut
  8. ikan tuna
  9. cumi-cumi

Sushi pada zaman modern sudah mulai banyak mengalami inovasi baik dari segi isian sushi hingga lapisan luar sushi yang umumnya dilapisi oleh nori kini ada dilapisi oleh telur dadar yang dilumuri oleh mayonnaise. Isian sushi modern di Indonesia adalah :

  1. daging rendang
  2. daging ayam pedas manis
  3. keju, dan masih banyaklainnya tergantung selera yang diinginkan.

Sebelum lebih labjut membahas tentang sushi dan perbedaan sushi dan makanan lezat jepang lainnya, kita akan membahas tentang sejarah dari sushi itu sendiri.

Sejarah lahirnya sushi

Pada era abad ke-4 sebelum masehi di asia tenggara, ikan difermentasi dan diawetkan didalam beras dan garam. Beras ini hanya untuk menyimpan ikan, jadi sepertinya hanya dibuang tanpa dimakan. Cara menyimpan ikan ini juga sampai dijepang, lalu pada zaman hejan dimakan sebagai nasi yang beras tersebut dimasak terlebih dahulu. Orang jepang yang suka beras, sejak zaman muromachi memakan ikan tersebut tanpa membuang nasinya, lalu pada zaman edo munculah ide untuk membuat haya zushi (sushi cepat) tanpa memfermentasikan ikannya lalu dicampur dengan arak membuat nasinya berasa asam.

Jenis jenis sushi

  1. Kaisen chirashi sushi

Kaisen chirashi sushi adalah nasi sushi yang dicampur dan dihias dengan beraneka ragam bahan makanan, utamanya adalah lauk utama untuk membuat sushi (ikan,sashimi, dll)

 

  1. Oinarisan ( sushi kulit tahu)

sushi inari adalah jenis sushi dimana nasi dimasukan kedalam kantunng tahu goring yang rasanya manis pedas. Sushi ini juga biasa dikenal dengan sebutan oinarisan atau oinari atau inari

 

  1. oshi zushi ( sushi tekan)

nasi ditumpuk dengan lauk, selama beberapa waktu , ditekan menjadi sushi. Ada banyak macam oshi zushi contohnya, sushi marakel yang paling umum, battera sushi dari Osaka atau bozushi dari Kyoto.

 

  1. Norimaki ( sushi rumput laut )

Norimaki adalah sushi gulung yang terbuat dari nasi cuka yang diletakan diatas rumput laut,lalu diatasnya diberi labu kering serut atau timun lalu digulung menggunakan makisu (alat penggulung sushi dari bambu). Ada beraneka ragam norimaki berdasarkan ketebalannya, seperti hosomaki (tebal), chumaki (sedang), dan fotomaki (tipis)

 

  1. California roll (sushi gulung kalifornia)

Sushi gulung kalifornia adalah sushi yang digulung dengan tangan yang berisi kamaboko (baso kepiting imitasi), alpukat, mayonnaise, wijen putih dan lain lain atau urimaki sushi (sushi yang digulung debgan urutan isi nasi cuka,rumput laut, dan lauk dari sisi luar) sushi gulung kalifornia merupak sushi yang paling terkenal diluar negeri

Sushi sendiri sudah banyak mengalami perubahan penyajian dari bentuk tradisonal atau bentuk asli sushi pada umumnya. Perbedaan bentuk dan isian sushi tersebut kembali lagi terkandung dari siapa yang membuat dan selera penikmat sushi di tempat tersebut. Dengan rasa yang enak sushi bisa dengan cepat mengambil hati para pecinta makanan termasuk Indonesia. Tapi khas sushi yaitu nori atau rumput laut kering tidak bisa lepas dari bahan dasar sebagai penggulung sushi.

 

 

Sushi berbeda dengan sashimi

Sushi dan sashimi sama-sama menggunakan ikan mentah sebagai bahan utama. Dua makanan ini sering dianggap sama. Sebenarnya kedua makanan ini berbeda. Asal mula kata sushi berasal dari kata [su] yang berate cuka dalam bahasa jepang, yang dicampur dengan nasi [su meshi], kata me dari sumeshi entah sejak kapan sudah menghilang, dan kemudian disebut sebagai sushi.sushi adalah aneka macam bentuk set cuka dan nasi, seperti nigiri sushi yaitu nasi cuka kepal yang diatasnya diberi ikan, chirashizushi adalah nasi cuka yang disajikan diatas mangkuk-mangkuk lalu diatasnya ditaburi dengan ikan, makizushi adalah nasi cuka yang digulung dengan ikan dan rumput laut.

  • Makizushi

Makizushi merupakan sushi yang digulung dari nasu dan potongan mentimun.tamagoyaki dan neta lain yang dibungkuskan lembaran nori. Nasi digulung menggunakan sudare atau anyaman bamboo yang berbentuk persegi panjang,

Makizuhi dibagi menjadi :

  1. hosomaki : gulungan berdiameter minimum 3cm hanya berisi satu jenis neta (misalnya mentimun atau tuna
  2. futomaki : gulungan berdiamter diatas 5cm berisi berbagi macam neta
  3. temakizushi : nasi digulung sendiri dengan nori sebelum dimakan, neta juga dipilih sendiri dari piring.

 

  • Chirashizushi

Chirashizushi adalah nasi sushi yang dinakan bersama neta berupa makanan laut dan sayuran yang dipotong kecil-kecil, nasi sushi tidak dibentuk melainkan diisikan kedalam wadah dari kayu, piring atau mangkuk. Chirashizushi merupakan salah satu makanan dan masakan yang sangat popular dijepang untuk memperingati hari hari istimewa seperti ulang tahun dan pesta lainnya.

Ketrangan Gambar :

randa 1randa 2

Advertisements