Tags

, ,

Nama   : Jumriana

Nim     : 1402045025

Kelas   : HI- A

UTS Politik dan Pemerintahan Jepang

“ Jepang Di mataku “

Nipponkoku atau Nihonkoku, adalah nama harfiah “ Negara Jepang” yaitu sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Kita semua tahu bahwa Jepang adalah negara yang kaya akan budaya dan keindahan alam, tidak hanya itu warga negara Jepang yang mereka sebut dengan  “ Nihonjin” rata- rata memiliki kreatifitas yang tinggi,makanya banyak produk dan karya dari negeri sakura ini sangat dikenal oleh dunia. Salah satu karya seni mereka yang sangat di gemari oleh anak muda bahkan orang dewasa sekalipun yaitu berupa animasi/ anime dan produk lainnya adalah elektronik buatan mereka lalu ada juga dalam dunia fashion yang dikenal dengan Harajuku, serta video Game.

Keindahan alam dan budaya Jepang memang sudah tak diragukan lagi untuk dijadikan tempat wisata, konon selain memiliki pemandangan yang indah kota-kota di Jepang juga memiliki kisah dan ciri khas masing-masing.

 Adapun kota-kota yang terkenal di Jepang antara lain:

Kyoto

Dulunya Kyoto pernah menjabat sebagai ibukota negara Jepang namun sekarang Kyoto adalah salah satu kota di negara Jepang yang terbesar ketujuh. Dalam sejarah politiknya, selama barabad-abad Kyoto berkali-kali dihancurkan oleh banyak perang dan sering terjadi kebakaran. Namun karena nilai historisnya yng tinggi, kota Kyoto tidak tercantum dari daftar sasaran bom atom dan terhindar dari serangan udara selama Perang Dunia II. Kyoto juga memiliki kuil yang tak terhitung jumlahnya dan menjadi kota yang paling indah di dunia.

Tokyo

Tokyo adalah ibu kota Jepang yang sekarang , kota besar yang bertempat di tengah-tengah Jepang dan dekat dengan gunung Fuji ini sudah sangat metropolis dan juga paling padat penduduknya. Sebelumnya pada tahun 1868, Tokyo lebih dikenal dengan sebutan Edo. Sebuah kota benteng kecil pada abad ke-16, Edo menjadi sebuah pusat politik di Jepang pada tahun 1603 ketika Tokugawa Ieyasu mendirikan pemerintahan feodal disana. Beberapa waktu kemudian, Edo telah tumbuh menjadi salah satu kota dunia yang paling padat penduduknya. Dengan Restorasi Meiji tahun 1868, kaisar dan modal lalu pindah dari Kyoto ke Edo dan berganti nam menjadi Tokyo ( Timur Modal). Sayangnya sebagian besar Tokyo hancur dalam gempa bumi besar Kanto tahun 1923 dan dalam serangan udara 1945. Kota Tokyo banyak hal menarik didalamnya selain sebagai pusat belanja, budaya hiburan, makanan dan banyak lagi. Sehingga angat menarik sekali untuk di kunjungi dan juga banyak kota lagi yang ada di negeri Jepang yang tidak kalah indahnya.

Perkembangan Kehidupan Politik, Ekonomi, Sosial-Budaya dan Hukum  Negeri Sakura

 

Aspek Politik

Jepang merupakan negara yang paling di segani di wilayah Asia karena memiliki teknologi yang jauh lebih maju dibanding dengan negara-negara di sekitarnya. Di Jepang  terdapat pemerintahan tingkat prefektur dan pemerintahan daerah tingkat bawah dan masing- masing kepala pemerintah daerah dipilih oleh rakyat melalui pemilihan.

Bentuk negara jepang sendiri adalah sebuah negara yang monarki konstitusional yang sangat membatasi kekuasaan kaisar Jepang. Mengenai sistem pemerintahan, Jepang menjalankan sistem pemerintahan parlementer, sama seperti yang dijalankan di negara Inggris dan Kanada. Sejak tahun 1947 di Jepang mulai berlaku sebuah konstitusi atau Undang- Undang  Dasar yang didasarkan pada tiga prinsip, yaitu: kedaulatan rakyat, hormat terhadap hak-hak asasi manusia, dan penolakan perang. Dalam konstitusi tersebut terdapat tiga badan pemerintahan yaitu:

  • Badan Legislatif disebut Diet atau parlemen
  • Badan Eksekutif terdiri dari anggota kabinet
  • Badan Yudikatif berfungsi sebagai pengadilan hukum

 Di Jepang, jabatan kepala negara ada di tangan Kaisar, walaupun demikian fungsi kaisar hanyalah sebagai seremonial belaka. Karena kedudukan kaisar diatur dalam UUD sebagai simbol dan pemersatu rakyat.

Aspek Ekonomi

Ekonomi pasar bebas dan terindustrisasi Jepang merupakan ketiga terbesar di dunia setelah AS dan Cina dalam istilah paritas daya beli internasional. Ekonominya sangat efisien dan bersaing dalam area yang berhubungan ke perdagangan internasional, tapi produktivitas lebih rendah di bidang agrikultur, disribusi, dan pelayanan. Meski Jepang memiliki sumber daya alam yang rendah, tetapi perdagangan menolongnya mendapatkan sumber daya untuk ekonominya.

Sejumlah tiga perempat dari total penghasilan ekonomi Jepang berasal dari sektor jasa yang berupa bank, asuransi, realestat, bisnis eceran, transportasi dan telekomunikasi. Di sektor industri, industri ekspor utama Jepang adalah otomotif, elektronik konsumen, komputer, semikonduktor, besi dan baja. Industri penting lain dalam ekonomi jepang adalah petrokimia, farmasi, bioindustri, galangan kapal, dirgantara, tekstil, dan makanan yang diproses.

Aspek Sosial dan Budaya

Budaya Jepang mencakup interaksi antara budaya asli Jomon yang kokoh dengan pengaruh dari luar negeri yang menyusul. Awalnya  Cina dan Korea banyak membawa pengaruh, bermula dengan perkembangan budaya Yayoi sekitar 300 SM. Gabungan tradisi budaya Yunani dan India, mempengaruhi seni dan keagamaan Jepang sejak abad ke-6 M, dilengkapi dengan pengenalan agama Buddha sekte Mahayana. Selanjutnya, pengaruh Eropa yang masuk sangat menonjol, pengaruh Amerika Serikat yang mendominasi Jepang setelah berakhirnya Perang Dunia II. Jepang turut mengembangkan budaya organik dan unik, dalam seni ( ikebana, origami, ukiyo-e) dan kerajinan tangan lainnya serta tradisi (tarian, permainan, upacara serta makanan khas negeri Jepang).

Kini Jepang merupakan salah satu pengekspor budaya pop yang terbesar. Anime, manga, mode, film, kesustraan dan lainnya mendapat sambutan hangat di seluruh dunia.

Aspek Hukum

Hukum awal Jepang sangat dipengaruhi oleh  sistem hukum Jerman. Sistem hukum tersebut kemudian dikenal sebagai tradisi hukum Eropa kontonental, dengan demikian dapat dikatakan bahwa Jepang menerapkan tradisi hukum eropa Kontinental. Penerapan tradisi hukum Eropa di Jepang dapat dilihat dari adanya kodifikasi terhadap hukum pidanya, yaitu KUHP  Jepang atau The Penal Code of Japan yang berakar dari Code Penal Perancis dimana  telah diketahui bahwa tradisi hukum eropa Kontinental lebih menekankan kepada sumber hukum tertulis dan terdapat kecenderungan dilakukan kodifikasi terhadap hukumnya.

Dalam perkembangannya, sejarah hukum Jepang lebih beragam mengingat beberapa hukum di Negara lain pernah menerapkan hukum yang sama. Pada saat pembabakan hukum asing di jepang, di tahap II, yaitu saat Jepang membuka pintu bagi masuknya bangsa Barat ke negerinya, terdapat anggapan dari bangsa Barat yang menyatakan bahwa hukum Jepang itu kuno. Dengan adanya anggapan tersebut Jepang cepat-cepat memodernisasi hukumnya dengan mengikuti model Eropa dengan menolak hukum Prancis dan Jerman sehingga terbentuk Konstitusi Meiii. Akan tetapi, hadirnya hukum modern Jepang tersebut ternyata tidak menyentuh perilaku orang Jepang itu sendiri. Bagi bangsa Jepang, hukum tersebut lebih merupakan bunyi-bunyian asing yang khas Eropa yang pada akhirnya mengakibatkan masyarakat Jepang tetap berpegangan pada tradisi dan kaidah asli yang telah mengatur kehidupan Jepang selama ratusan tahun.

 Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hukum modern yang diadopsi oleh negra Jepang tidak serta merta membuat Jepang lupa pada hukum yang hidup dalam masyarakat atau tradisinya sendiri. Pada akhirnya Jepang tetap menganut  tradisi hukum Eropa Kontinental yang menekankan sumber hukumnya pada sumber hukum tertulis.( Sakurichu.2012)

jumriana 1       jumriana 2

       Gambar 1                                                                                     Gambar 2

Keterangan:

Gambar (1):

Origami adalah seni melipat kertas dan merupakan salah satu bentuk kerajinan tangan ala Jepang.

Gambar (2):

Kimono adalah pakaian tradisional wanita Jepang ( hanayome ishõ).

#mulawarmanjapanfestival.net2016

Advertisements