Tags

NAMA : MUHAMMAD ALVIN FAZRIEN

PRODI: HUBUNGAN INTERNASIONAL A

NIMĀ  :1402045004

PENGALAMAN SAYA DALAM WAWANCARA

Mata kuliah Anti Korupsi memiliki peran yang penting dalam pembentukan karakter mahasiswa yang kelak akan menjadi penerus bangsa jika mental mahasiswa dapat terbentuk dengan mental anti korupsi maka niscaya selamat lah bbangsa kita ini dari para koruptor dan jadilah kita bangsa yang maju yang memiliki karakter yang kuat jiwa yang bersih maka dari itu pula saya pribadi sangat menyukai mata kuliah ini, namun lambat laun waktu berjalan berakhirlah pertemuan saya dengan bu Uni selaku dosen mata kuliah ini sangat berjasa dalam membangun karakter mahasiswa .

Saya sebagai mahasiswa HI kelas A diberikan tugas oleh dosen mata kuliah anti korupsi untuk mewawancarai sebuah instansi dan saya masih bingung untuk mewawancarai instansi yang mana , lalu terlintas di pikiran saya , saya sering makan rawon di kantor KADIN dan pada saat itu saya berpikir untuk mewawancarai ketua instansi tersebut dan kebetulan ketua dari instansi tersebut sering terlihat makan di warung tersebut nah lalu saya ajak bapak tersebut berbincang bincang dan lalu saya utarakan niat saya untuk mewawancarai bapak tersebut dan alhasil bapak tersebut setuju untuk diwawancarai dan ia pun menyuruh saya untuk mengatur jadwalnya dengan sekretarisnya .

Tanggal 3 mei 2015 menjadi kesepakatannya , saat hari H tiba hujan pun turun dan saya merasa resah karena kemungkinan anggota kelompok saya banyak yang tidak bisa hadir saya pun menghubungi satu persatu anggota kelompok namun hanya Faroza Satria yang bisa hadir karena kebetulan rumah nya dekat dengan rumah saya .

Saat wawancara bapak ketua yang bernama Iriansyah Said itu sangat ramah ia menawari kami minuman dan lain lain , dan kami memulai wawancara, sebenarnya bapak tersebut menjawab pertanyaan lebih dari ekspektasi kami.

  • Jadi kami ingin bertanya apakah sempat terjadi korupsi di kantor ini ?
  • Jawab: tidak pernah karena keuangan kantor ini bukan dana dari pemerintah dan yang mengendalikan keuangan ialah dewan direksi yang berada di pusat.

Dan masih banyak lagi percakapan wawancara kami dengan bapak Iriansyah ia juga menyebutkan bahwa ia selaku ketua KADIN mewakili seluruh pengusaha Samarinda pernah menjadi rekan pemerintah dan diberi amanat untuk menandatangani fakta intregritas anggota Polisi Polresta Samarinda ini artinya KADIN telah menjadi salah satu agen pemberantas korupsi dengan mengawasi integritas polisi dan keuangan nya .

Bapak Iriansyah juga mengatakan dalam wawancara kami nahwa KADIN kota Samarinda itu Istimewa karena satu satunya instansi yang dapat membangun kantor sendiri dengan uang dari anggota anggota nya tanpa bantuan dari Pemerintah Kota maupun Provinsi.

Banyak hal yang dapat kami dan saya pribadi dapat pelajari dari wawancara ini yaitu bahwa kita tidak harus korupsi untuk bisa lebih maju bahkan KADIN membuktikan tanpa adanya kucuran dana pun KADIN dapat berdiri , dan dapat menjadi salah satu agen pemberantas korupsi di Kota Samarinda .

Sekian lah pengalaman saya dalam menjalani mata kuliah Anti Korupsi dan pengalaman wawancara ini saya berharap bangsa ini dapat di isi oleh orang orang yang bermental anti korupsi berjiwa bersih yang dapat menyelamatkan bangsa ini dari keterpurukan mental .

