Tags

Nama                 : MaretianaDwiAriani

Nim                     : 1402045040

Program Studi :HubunganInternasional (A)

Mata Kuliah     : Pendidikan Anti Korupsi

30 April 2015

Padaharikamistanggal 30 April 2015 jam 15.40, kami mendatangkantor KPU. Namunsaat kami tibadisana, kantorsudahsepidansudahbanyakpegawai yang pulang. Hanyabeberapapegawaisaja yang masihada di kantor, tetapimerekajugatelahbersiap-siapuntukpulang. Dan padaakhirnya kami memutuskanuntukpulangdanakanmendatangikantor KPU padaharisenin.

04 Mei 2015

Dan senin 04 Mei 2015 jam 09.30 kami kembalimendatangikantor KPU. Setelah kami tibadisana, kami menyerahkansuratpengantarkebagianadministrasi. Setelahmenunggubeberapasaat, akhirnya kami diperbolehkanuntukmewawancaraiketua KPU.

Kemudian kami mendatangiruanganbeliau yang beradadilantai 2.Sesampainya kami disana, kami langsungdisambutdenganhangatolehketua KPU, Muhammad Taufik.Namunbeliaumeminta kami menunggudiruangannyauntuksementarawaktudikarenakandiaharusmenghadirirapat.Setelahsekitar 25 ment kami menunggu, akhirnyabeliauselesairapatdanmendatangi kami.Kemudian kami langsungmewawancaraipak Muhammad Taufikdenganbeberapapertanyaansepertidefinisikorupsi, faktor-faktorterjadinyakorupsi, danstrategimencegahkorupsi.beliaumenjawabpertanyaantersebutdenganbaikdantegas. Dan menurutpakTaufik, korupsiituterjadikarenabanyakpihaktersebutmerasatidakpuasdenganapa yang dimilikinyadanberusahauntukmemilikiapa yang diamaudengancaraapapun, termasukdenganmelakukankorupsi. selainitupihaktersebutselalumerasadirinyamiskin.

KemudianpakTaufikmemberitahucara-cara agar tidakterjadikorupsi di lingkungan KPU yaitudengancaratransparansi, agarsemuapihakdapatmelihatkinerja KPU sehinggatidakadakecurigaankorupsikepada KPU. Selainitubeliaujugamenceritakanpengalamanketua KPU Balikpapan yang disogokolehcaleg.Oknumcalegitumemintakepadaketua KPU Balikpapan untukmengubahpemilihansuaranya yang sangatkecildenganmenawarkansejumlahuang.Namunketua KPU itumenolakkarenaiatidakmaumelakukankorupsi.

Dan yang membuatsayatersadaradalahketikapakTaufikmengatakan ‘’orang-orang bisamengatakandanmenuduhseseorangkorupsikarenamerekabelumberada di posisi yang rentankorupsi.jikakamulagisehat, kamubisamenolakuangtersebut, tetapijikakamusakitdankamumampumenolakuangtersebutitubaruluarbiasa’’.

Menurutsaya, perkataanpakTaufikituadabenarnya, saya yang masihberstatussebagaimahasiswa pun belummerasakan di lingkungan yang rentankorupsikarenasayabelumbekerjadanbelumberada di posisi yang cukuptinggi.

Ayah saya pun bekerja di DinasPendidikan di Kutai Barat dan ayah sayajugaberada di posisi yang rentanterhadapkorupsinamunselamabeliaubekerja di sana, ayah sayasampaisekarangbelumpernahmenerimasogokanatauapapundaripihak-pihak lain.

Dan untukpengalamankorupsi, duluketika orang tuasayamenyuruhsayabelisayur di warungatau di pasar, sayaselalumengambilkembaliannya.Namununtuksekarangsayatidaklagimelakukanhaltersebutkarenasayasadarbahwaitutermasuk korupsi.

Advertisements