Tags

Nama  : Hadijah

NIM     : 1402045037

Prodi   : Hubungan Internasional

Tugas Essay ( Study Kasus ) Mata Kuliah Sistem Hukum Indonesia

Disini saya mengambil Study Kasus dalam bentuk gambar yaitu poster. Sebelumnya poster ini adalah asli original hasil karya saya yang pernah saya lombakan pada tahun 2010 yaitu dalam perlombaan FLS2N ( Festival Lomba Seni Siswa Nasional ) dan alhamdulillah saya juara pertama dan mewakili kota Samarinda di tingkat Provinsi. Dan di Provinsi saya hanya mendapat juara ke-2 sehingga tidak bisa melanjutkan ke tingkat nasonal yang di selenggarakan di Jakarta.

Poster yang saya gambar mengambil tema tentang “Narkoba” , yaitu menggambarkan tentang betapa mirisnya geerasi kita saat ini yang banyak terjerat obat terlarang tersebut, dari kalangan orang tua hingga anak remaja seperti generasi saya sekarang. Dalam poster saya terdapat gambar seorang pemuda yang terbaring lemah akibat obat terlarang tersebut dan di depan lelaki tersebut ada gambaran seorang setan yang memiliki arti bahwa akibat obat terlarang tersebut lah dia menjadi tersesat dan membawanya ke dunia kelam dan kematian. Dapat kita lihat juga di bawah lelaki tersebut terdapat sebuah batu nisan yang bertuliskan “kematian” yang memiliki arti bahwa narkoba sangat membahayakan nyawamu dan bisa mengantarkanmu ke kematian. Di atas lelaki tersebut terdapat gambaran obat-obatan terlarang, suntikan, daun ganja yang mempunyai mimik wajah berupa setan, artinya adalah semua barang tersebut akan menghantui kita sewaktu-waktu namun jika kita punya jiwa dan iman yang kuat kita pasti  bisa menjaga diri kita dari barang haram tersebut. Nah, Di atas gambar tersebut terdapat gambaran dua pria yang memegang pedang dan bambu, melambangkan bahwa mereka adalah ” kita” para generasi muda yang melawan dan menegakkan kepada semua pemuda pemudi di indonesia untuk menjauhi narkoba & tauran. Di samping kiri gambar terdapat gambar karikatur seorang tokoh Indonesia yaitu Bapak H. KRH. Henry Yosodiningrat, SH. ( Gerakan Nasional Anti Narkotika ) Indonesia. Di bawah nya terdapat kutipan “Beri Saya Satu Kekuasaan, Maka Akan Saya HABISI NARKOBA Di Bumi Indonesia Ini”.

Undang- undang yang biasa digunakan untuk melakukan penayidikan tindak pidana Narkoba yakni undang-undang No. 22 tahun 1997 tentang Narkotika, undang-undang no. 5 tahun 1997 tentang Psikotropika, undang-undang No. 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan.

Saya sebagai generasi muda berharap dengan poster saya ini saya dapat memberi inspirasi bagi orang-orang untuk berkampanye atau bersuara tentang betapa bahayanya narkoba dan mengajak para generasi muda untuk memerangi narkoba. STOP NARKOBA!

