Tags

Nama            : Dianike Putri Arimbi Tarigan

NIM               : 1402045052

Matkul          : Pendidikan Anti Korupsi

Wawancara bersama Bapak Ketua KPU Provinsi Kalimantan Timur

Bapak Mohammad Taufik

  • Menurut bapak apakah korupsi itu apa?

Korupsi itu pemberian materi, jasa karena kedudukan ataupun posisi dengan niat atau tujuan tertentu.

  • Apabila salah satu karyawan melakukan korupsi tindakan apa yang akan bapak ambil untuk menangani masalah korupsi itu?

Tindakan korupsi dapat berupa personal ataupun berupa tim. Kalau itu bersangkutan dengan kepentingan  pribadi lebih baik di serahkan kepada yang bersangkutan. Tapi jika menyangkut tim, semua pihak akan terlibat. Jangan hanya mengkambing hitamkan satu orang , tetapi harus ditanggungjawabkan bersama .Tidak hanya yang menerima suap, tapi juga pemberi suap begitu juga dengan perantara. Ini merupakan runtutan yang tak terpisahkan dan saling berkaitan.

  • Faktor penyebab terjadi nya tindakan korupsi ?

Biasanya di sebabkan karena adanya rasa ketidak puasan dalam mencapai sesuatu. Setiap manusia ingin merasa lebih baik dari pada yang lain. Apalagi dari segi materi, banyak orang ingin lebih kaya dari yang lain. Karena masih melihat ke si miskin. Selalu haus akan kekayaan. Haus akan harta. Merasa selalu tidak cukup.

  • Bagaimana strategi dalam meminimalisir tindakan korupsi yang kerap terjadi?

Untuk meminimalisir tindakan korupsi yang terjadi yaitu dengan transparansi. Transparansi adalah keterbukaan yang berarti semua orang atau semua pihak bisa melihat apa yang kita lakukan. Terutama kepada publik. Ilustrasi nya yang bukan pejabat hanya memiliki satu kantong yaitu kantong pribadi, sedangkan para pejabat memilik dua kantong, yaitu kantong pribadi dan kantong negara. Kuncinya hanya cara memasukkan nya saja. Jangan sampai yang seharusnya masuk ke kantong negara tetapi malah masuk ke kantong pribadi.

  • Fakta yang ditemukan di sekitar

Banyak orang mengatakn bahwa “saya antikorupsi”…..

Ya, mereka berkata seperti itu karena mereka belum merasakan posisi di saat ada peluang untuk melakukan korupsi. Banyak orang termakan omongan mereka sendiri, yang dulunya sering menyeru-nyerukan “saya anti korupsi” , tapi pada kenyataannya justru mereka sendiri juga yang terjerumus tindakan korupsi tersebut.

Orang bisa mengatakan “saya anti korupsi”  karena dia belum pernah duduk pada posisi yang dia rentan untuk korupsi. Jikalau pada saat keadaan kita baik dan sehat kita menolak korupsi, itu hal yang biasa. Tetapi sebaliknya pada saat keadaan kita terpuruk dan kita bilang TIDAK itu baru SIP.

Jadi, kesimpulan dari hasil wawancara di atas adalah tindakan korupsi sering terjadi karena ada peluang atau kesempatan. Tetapi terkadang juga terjadi karena ada niat dari dalam diri seseorang. Tindakan korupsi dapat di minimalisir, salah satunya dengan cara transparansi, dimana adanya keterbukaan mengenai apa saja yang kita lakukan, dengan perincian yang jelas. Dan Bapak Mohammad Taufik juga menegaskan bahwa tindakan korupsi dapat di atasi, itu tergantung dari pribadi kita sendiri. Beliau juga menantang kita untuk mengatakan tidak pada korupsi di saat kondisi dan keadaan kita terpuruk itu lah baru dikatakan OKE !!

Advertisements